Tips

Tips Menyiapkan & Merebus Kepiting

Sup kepiting yang lezat tak hanya bisa Anda nikmati di restoran. Anda pun bisa membuat sup kepiting lezat di rumah Anda. Salah satu cara membuat sup kepiting yang lezat bisa Anda pelajari di resep Sup Kepiting Kombinasi ala Royco . Pada resep tersebut, kepiting yang digunakan adalah daging kepiting kalengan yang siap pakai. Tapi, kalau Anda ingin membuat sup kepiting yang lebih sedap, bahan kepiting segar adalah pilihan yang utama.

 

Cara membuat sup kepiting dengan kepiting segar tidak berbeda dengan cara pada resep di atas. Perbedaannya hanyalah Anda harus merebus kepiting segar dulu dan mengambil dagingnya. Anda bisa melakukan hal ini dengan beberapa langkah dan tips menyiapkan dan merebus kepiting berikut ini:

1.       Kalau Anda membeli kepiting segar yang masih hidup, kepiting harus diolah segera setelah dibeli.

2.       Sebelum diolah, bersihkan kepiting dengan baik, termasuk bagian cangkang, capit, kaki, dan bagian bawahnya.

3.       Buat kaldu dengan cara merebus daun bawang, wortel, bawang bombay, seledri, bawang putih, lemon iris , garam, dan adas selama 30 menit dalam panci yang berukuran cukup besar. Setelah itu, dinginkan dan saring.

4.       Rebus kepiting dalam kaldu yang telah Anda buat sebelumnya. Lama merebus adalah 12 menit untuk tiap kilogram kepiting. Hindari memasak terlalu banyak kepiting sekaligus ya, Bu.

5.       Bila Anda melihat kepiting telah berubah warna, berarti kepiting telah matang.

6.       Setelah kepiting matang, tunggu beberapa saat hingga kepiting agak dingin sebelum mngeluarkan semua dagingnya. Pastikan tak ada cangkang yang tertinggal. Untuk memastikan hal ini, bubuhkan daging kepiting di atas nampan yang terbuat dari logam. Kalau ada cangkang yang tertinggal pada daging kepiting, Anda akan bisa mendengar suara nyaringnya di atas nampan. Daging kepiting yang terkumpul siap Anda gunakan dalam resep sup kepiting.

 

Cara membuat sup kepiting dengan kepiting segar mungkin tampak sedikit merepotkan, terutama untuk Anda yang belum pernah menyiapkan kepiting sebelumnya. Tapi, kepiting segar memiliki rasa yang jelas lebih nikmat dibandingkan kepiting kalengan. Jadi, tak ada salahnya mencoba membuat sup kepiting dari kepiting segar. Berani mencoba tantangan ini, Bu?

 

 

 

Sumber:

http://fishcooking.about.com/od/crablobsterrecipes/ss/boiling_crabs_2.htm

http://www.bbcgoodfood.com/recipes/2406/cooking-fresh-crab

http://www.sheknows.com/food-and-recipes/articles/809210/how-to-cook-fresh-crab

 [Lil1]Kindly bold and italic this text, then insert the following link:
http://www.royco.co.id/recipes/detail/11469/1/sup-kepiting-kombinasi

 [Lil2]Kindly bold and italic this text, then insert the following link:

http://www.royco.co.id/recipes/detail/4429/1/sup-komplit-dengan-sayuran

 
close