Tips

Chicken Katsu Renyah untuk Bekal Makan Siang

Membuat bekal makan siang untuk anak memang harus pintar memilih menu yang sehat, disukai anak, dan praktis. Menu seperti Chicken Katsu yang resepnya bisa Ibu cek di laman ini bisa jadi pilihan untuk bekal makan siang si kecil. Masakan ini bisa Ibu siapkan dari malam sebelumnya, disimpan di kulkas, lalu digoreng di pagi hari. Apalagi, penggunaan Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng membuat Ibu tak perlu repot membumbui ayam hingga bercita rasa nikmat. Tak perlu lagi menakar bumbu, Bu!

 

Untuk sukses membuat Chicken Katsu, beberapa tips ini bisa membantu Ibu:

1.       Daging ayam sebaiknya dipukul-pukul dulu sebelum dilumuri dengan bumbu dan bahan tepung. Hal ini dilakukan agar daging ayam lebih tipis, sehingga matang lebih merata. Selain itu, memukul daging ayam akan memecahkan serat dagingnya sehingga ayam menjadi lebih empuk dan lembut.

2.       Setelah dilumuri dengan bahan tepung, simpan ayam dalam kulkas selama beberapa saat agar adonan kulit tepung tersebut tidak mudah lepas saat digoreng.

 

Sajian Chicken Katsu dalam resep tersebut juga bisa Ibu kreasikan, lho. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi Ibu:

1.       Tambahkan keping jagung/cornflake dalam bahan tepung, sehingga kulit ayam menjadi semakin gurih dan renyah.

2.       Chicken katsu juga bisa dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven bersuhu 200°C selama 15-20 menit hingga kulitnya kuning keemasan. Karena tidak digoreng dalam banyak minyak, chicken katsu pun menjadi lebih sehat.

3.       Ibu bisa memvariasikan saus yang disajikan bersama Chicken Katsu, misalnya saus asam manis  ataupun saus Tonkatsu, yaitu saus manis khas Jepang yang bisa Ibu dapatkan di supermarket produk Jepang.

 

Anak-anak biasanya menyukai sajian Chicken Katsu. Jadi, anak Ibu pun akan menyukai Chicken Katsu yang Ibu siapkan untuk bekal makan siangnya. Agar lebih sehat, Ibu bisa melengkapi sajian Chicken Katsu ini dengan salad pelengkap yang terdiri dari potongan tomat, selada, wortel, atau kol yang diiris tipis dan dibumbui dengan sedikit mayones. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

seattletimes.com/html/foodwine/2019017743_groc10pankochicken.html

aww.com.au/food/recipes/2007/10/sesame-chicken-katsu

bbcgoodfood.com/recipes/2040639/chicken-katsu
 
close