Tips

Gizi Tepat untuk Puasa Lancar

Tahukah Ibu? Menu masakan yang Ibu konsumsi saat sahur berpengaruh pula pada vitalitas Ibu sepanjang hari. Menu masakan dengan zat gizi seperti apa yang akan membantu Ibu tetap segar saat puasa?

 

Saat sahur, konsumsilah makanan yang kaya protein, karena zat gizi ini memberikan asam amino yang dibutuhkan otak sehingga Ibu merasa lebih segar dan tidak mengantuk. Bahan makanan yang mengandung asam amino lengkap sesuai kebutuhan tubuh di antaranya adalah telur, daging merah, ayam, dan ikan.

 

Bahan makanan yang kaya protein sebaiknya dilengkapi dengan bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks,seperti nasi merah, kentang, roti gandum, dan jagung. Memadukan makanan yang kaya protein dengan bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks membantu Ibu merasa kenyang lebih lama.

 

Zat Gizi lain yang penting bagi tubuh adalah zat besi. Kalau zat besi dalam tubuh kurang, seperti saat puasa, kemampuan darah mengikat oksigen untuk tubuh juga berkurang. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan mengantuk karena kurangnya pasokan oksigen dalam darah. Jadi, konsumsilah bahan makanan kaya zat besi saat sahur. Lebih lengkap lagi kalau sahur Ibu juga mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.

 

Jadi, menu masakan apa yang bisa jadi inspirasi sajian sahur Ibu? Bagaimana kalau Ibu coba resep Ayam Jeruk ala Royco. Sajian ini mudah dibuat sehingga tidak repot disiapkan untuk sahur. Apalagi dengan penggunaan Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng, Ibu tak perlu repot membumbui ayam untuk mendapatkan rasa ayam goreng yang pas dan lezat.

 

Selain mudah dibuat, tentu saja kandungan zat gizi pada Ayam Jeruk akan bermanfaat bagi puasa Ibu. Ayam adalah bahan makanan yang mengandung zat besi dan kaya protein. Jeruk dalam sausnya juga memberikan vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi. Agar sajian semakin bermanfaat untuk puasa Ibu, lengkapi saja menu masakan Ayam Jeruk ini dengan nasi merah atau kentang kukus.

 

Selain resep Ayam Jeruk di atas, masih banyak variasi menu masakan lain yang bisa Ibu buat untuk keluarga Ibu. Pilih bahan-bahan bergizi agar puasa Ibu berjalan dengan lancar.

 

 

 

 

Sumber:

pesona.co.id/sehat/diet.nutrisi/7.tip.sahur.sehat/002/001/77

healthyeating.sfgate.com/benefits-lots-protein-morning-3574.html

nutritionmd.org/nutrition_tips/nutrition_tips_understand_foods/carbs_versus.html

webmd.com/diet/features/top-10-iron-rich-foods

 
close