Tips

Tips Memasak Gurame Goreng Crispy

Siapa yang tidak suka lezatnya daging ikan gurame yang lembut dilapisi dengan kulit tepung roti yang renyah? Versi cepat sajinya bisa Anda dapatkan dari nugget ikan dalam kemasan yang tinggal Anda goreng sebelum disajikan. Tapi,

Anda bisa juga membuat Gurame Goreng Crispy dengan mudah dan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

 

Resep Gurame Goreng Crispy bisa Anda dapatkan di Royco Masak Apa Hari Ini. Cara memasak ikan ini jadi semakin mudah ketika Anda tak perlu lagi repot menyeimbangkan berbagai macam bumbu untuk membuat gurame goreng menjadi lezat. Anda hanya perlu melumuri gurame dengan Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng dan mendiamkannya selama sekitar 15 menit agar bumbu meresap. Setelah itu, ikan gurame tinggal dicelup lapisan tepung yang mudah dibuat, lalu digoreng. Mudah!

 

Selain bumbu yang digunakan, kunci cara memasak Gurame Goreng Crispy ini adalah pada teknik menggoreng untuk mendapatkan potongan ikan yang renyah. Beberapa tips berikut akan membantu Anda:

 

1.       Gunakan minyak goreng dengan jumlah yang cukup hingga seluruh bagian ikan terendam minyak. Pastikan minyak telah panas agar kulit pelapis ikan menjadi renyah.

2.       Goreng ikan sedikit demi sedikit. Menggoreng terlalu banyak ikan pada saat yang bersamaan akan membuat ikan menjadi tidak renyah.

3.       Setelah ikan dilapisi tepung roti, simpan ikan selama beberapa saat dalam kulkas agar kulit pelapis tak mudah terlepas saat digoreng. Hal ini juga membantu membuat kulit pelapis menjadi lebih renyah.

4.       Penambahan garam sebaiknya dilakukan setelah ikan selesai digoreng. Garam pada lapisan kulit ikan akan membuat minyak menjadi menciprat saat ikan digoreng.

5.       Kalau Anda ingin mengurangi pemakaian minyak untuk hidangan yang lebih sehat, Anda bisa memasak gurame crispy ini dengan sedikit minyak (pan fry). Kalau Anda ingin mencoba teknik ini, gunakan minyak dengan titik didih rendah seperti olive oil. Gunakan api sedang, lalu goreng ikan dengan wajan anti lengket. Ikan cukup dibalik sekali saja sehingga tidak mudah hancur. Tapi ingat, teknik ini tidak bisa digunakan saat Anda menggoreng ikan utuh dan hanya bisa digunakan pada fillet ikan seperti pada resep Gurame Goreng Crispy di atas.

6.       Fillet ikan gurame pada resep juga bisa dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Caranya, panggang ikan dalam oven dengan suhu 200°C selama sekitar 10 menit atau hingga kulit pelapisnya kuning keemasan. Lama pemanggangan tergantung pada ketebalan fillet. Jadi, ada baiknya Anda mengawasi proses pemanggangan ikan. Begitu kulit pelapis ikan telah berubah kuning keemasan, keluarkan ikan dari dalam oven.

 

Lengkapi Gurame Goreng Crispy ini dengan saus asam manis atau saus lain buatan Anda, dan Gurame Goreng Crispy yang lezat pun siap disajikan.

 

 

 

Sumber:

everydaylife.globalpost.com/frying-flour-eggs-bread-crumbs-38899.html

seriouseats.com/recipes/2011/09/baked-fish-with-savory-bread-crumbs-recipe.html
 
close