Tips

Tips Rendang Ayam Suwir untuk Hidangan Buka Puasa

Bu, mau masak apa hari ini untuk hidangan berbuka puasa nanti? Bagaimana kalau mencoba resep Rendang Ayam Suwir ala Royco? 

Hidangan satu ini cukup unik karena bisa dibilang merupakan variasi antara hidangan Opor Ayam dan Rendang yang kerap tersaji di meja makan saat berbuka puasa. Resep Rendang Ayam Suwir bisa Ibu simak di Royco Masak Apa Hari ini, yang pasti akan disukai keluarga. Apalagi, hidangan tersebut termasuk resep masakan praktis yang tidak sulit disiapkan. Lezatnya daging ayam berbalut bumbu rendang tidak sulit disiapkan untuk menu buka puasa sehat, kok!

 

Penggunaan Royco rasa Ayam dalam sajian di atas jelas akan menambah cita rasa Rendang Ayam Suwir. Selain Royco rasa Ayam, penggunaan kelapa sangrai juga akan menambah rasa, dan aroma sajian. Untuk membuat kelapa sangrai yang lezat, pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. Lalu, parutlah kelapa dengan arah memanjang, sehingga serat kelapa juga memanjang setelah disangrai.

 

Biasanya, kelapa sangrai dibuat dengan cara menyangrai kelapa parut di atas wajan dengan api kecil hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan. Untuk mendapatkan warna kelapa sangrai yang merata, Ibu harus mengaduk kelapa parut secara terus menerus. Tapi kalau Ibu ingin menghemat waktu dan tenaga di saat bulan puasa seperti ini, Ibu juga bisa membuat kelapa sangrai di dalam oven, lho.

 

Untuk membuat kelapa sangrai dengan oven, panaskan oven dengan suhu 160°C. Setelah itu, taburkan kelapa parut di atas loyang secara merata dan masak di dalam oven. Usahakan agar parutan kelapa tidak terlalu bertumpuk tebal di atas loyang, ya. Kelapa parut biasanya hanya membutuhkan waktu panggang selama 5-10 menit. Agar warna kelapa sangrai merata dan cantik, aduk kelapa parut di atas loyang tiap beberapa menit.

 

Dengan menggunakan oven, kelapa sangrai pun bisa didapat lebih cepat. Dengan cara ini, mencoba berbagai resep masakan mudah pun jadi semakin mudah dan menu buka puasa sehat buatan Ibu pun akan semakin nikmat. Selain digunakan dalam resep Rendang Ayam Suwir di atas, Ibu juga bisa menggunakan kelapa sangrai dalam berbagai sajian berbuka puasa lainnya, lho.

 

 Sumber:

okefood.com/read/2013/09/11/304/864437/dua-cara-buat-kelapa-kering-beraroma

food.detik.com/read/2007/06/20/092252/795585/312/memilih-kelapa-sangrai

 
close