Tips

Tips Siasati Anak Susah Makan

Tidak suka wortel, brokoli, bayam, ataupun sayuran lain. Hanya suka kentang goreng. Tidak mau makan buah. Anak Ibu mungkin punya sederet peraturan seperti itu untuk urusan makanan. 
Menyiapkan hidangan untuk anak yang susah makan memang jadi tantangan tersendiri. Agar Ibu sukses menyiapkan hidangan untuk anak susah makan, ada beberapa tips yang bisa Ibu coba:

1. Jangan larang ia makan makanan kesukaannya
Tak ada salahnya sesekali memberikan biskuit atau es krim kesukaan si kecil. Melarangnya menikmati makanan yang ia sukai justru akan membuatnya jadi semakin menginginkan makanan tersebut. Batasi saja porsinya dan seimbangkan antara makanan sehat dan camilan yang ia suka.
 
2. Beri ia pilihan
“Kamu mau makan sayur bayam atau sup wortel?" Berikan beberapa pilihan hidangan sehat untuk si kecil. Ibu juga bisa mengajaknya menentukan menu hidangan selama beberapa hari ke depan, berbelanja bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu tersebut, serta menyiapkan hidangan tersebut. Kalau si kecil merasa lebih terlibat dalam membuat hidangan sehat, ia akan lebih bersemangat untuk menikmatinya.
 
3. Siapkan hidangan dengan kreatif
Kreatiflah menyajikan makanan dengan bahan yang tidak disukai si kecil. Misalnya, kalau ia tidak suka makan wortel, Ibu bisa memasukkan wortel parut atau cincang dalam bakso buatan sendiri atau pangsit. Penambahan Royco Bumbu Komplit pada hidangan juga bisa Ibu lakukan, sehingga hidangan tidak hanya lebih lezat, tapi juga praktis disiapkan.
 
4. Selalu siap dengan hidangan sehat
Kalau Ibu ingin mengurangi camilan tidak sehat, jangan penuhi kulkas dan lemari dapur dengan makanan tidak sehat tersebut. Siapkan buah-buahan serta camilan sehat untuk si kecil. Saat ia lapar dan tidak memiliki pilihan makanan tidak sehat, mau tidak mau ia akan mencoba cemilan yang lebih sehat tersebut.
 
5. Beri contoh
Bagaimana mau mengajarkan anak untuk tidak pilih-pilih makanan kalau Ibu sendiri juga suka pilih-pilih makanan? Cara terbaik untuk mengajarkan anak untuk tidak suka pilih-pilih makanan adalah dengan memberi contoh yang baik pada si kecil.

Anak susah makan memang bisa sulit dihadapi. Ibu bahkan mungkin khawatir ia tidak mendapatkan zat gizi yang ia butuhkan. Tapi kalau Ibu tetap mengajarkannya untuk menyukai makanan sehat, lama kelamaan ia pun tak akan pilih-pilih makanan lagi.
 


Sumber:
choosemyplate.gov/preschoolers/picky-eaters/healthytipsforpickyeaters.pdf
parents.com/toddlers-preschoolers/feeding/picky-eaters/picky-eater-solutions/?page=2
Diakses pada 9 Juni 2014
 
close