Tips

Inspirasi Kreasi Nugget Tahu

Nugget memang sering jadi makanan favorit anak. Teksturnya yang empuk namun renyah memang sulit untuk tidak disukai. Daripada terus-terusan menyajikan nugget siap saji yang bisa dibeli di supermarket,
bagaimana kalau Ibu mencoba membuat nugget sendiri di rumah?

Membuat nugget sendiri di rumah memang lebih sehat dibandingkan mengandalkan nugget kemasan. Kalau membuat nugget sendiri, Ibu bisa memastikan nugget buatan Ibu bebas pengawet ataupun bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, Ibu bisa menggunakan nugget sebagai cara untuk menyelipkan sayuran yang tidak disukai si kecil. Misalnya saja, pada resep Nugget Tahu di Royco Masak Apa Hari Ini, ada penambahan wortel pada adonannya. Untuk anak yang tidak suka wortel, penambahan wortel pada nugget tahu adalah salah satu cara cerdik agar ia mendapatkan manfaat zat gizi dari wortel.

Ada beberapa inspirasi mengkreasikan resep Nugget Tahu tersebut, di antaranya:
1. Tambahkan bayam yang telah dicuci dan dicincang dengan halus.
2. Tambahkan keju cheddar parut ke dalam adonan. Penambahan keju akan membuat nugget tahu semakin gurih dan memperkaya kandungan gizinya.
3. Selain digoreng, nugget tahu juga bisa dimasak dengan cara dipanggang dalam oven bersuhu 175°C hingga nugget berwarna keemasan dan renyah

Masih banyak bahan bergizi lain yang bisa Ibu ‘sembunyikan’ dalam adonan nugget tahu. Si kecil yang pilih-pilih makanan pun tak akan menyadari bahwa ia sebenarnya sedang menikmati bahan makanan yang tidak ia sukai.

Agar resep nugget tahu tersebut lebih lezat, pengukusan tahu harus dilakukan dengan benar. Beberapa tips berikut ini bisa membantu Ibu:
1. Kukus tahu dengan api sedang. Api yang terlalu besar akan membuat panas terlalu tinggi dan merusak tampilan tahu kukus. Adonan tahu juga bisa dikukus dengan menggunakan magic jar.
2. Saat mengukus tahu, pastikan air yang digunakan untuk mengukus setidaknya berada 2 cm di bawah keranjang pengukus. Yang juga perlu diperhatikan adalah air harus dalam keadaan mendidih sebelum Ibu mulai mengukus.

Nugget tahu bisa dibuat dengan mudah, terutama kalau Ibu menggunakan Royco Bumbu Komplit Tahu Goreng yang membantu Ibu menciptakan hidangan dengan bumbu yang pas. Hidangan ini juga bisa jadi inspirasi kreatif untuk cara mengatasi anak susah makan karena Ibu bisa menyembunyikan berbagai bahan yang tidak disukai si kecil dalam adonan nugget.
 
Sumber:
vemale.com/kuliner/resep-makanan/58383-resep-nugget-tahu-bayam.html
serambiummah.tribunnews.com/2014/05/14/begini-cara-bikin-nugget-tahu-keju
ohshineon.com/2012/11/05/baked-tofu-nuggets-2/
ifood.tv/blog/tips-to-steam-tofu
Diakses pada 9 Juni 2014
 
close