Tips

Gizi yang Baik untuk Menu Buka Puasa Sehat

Tidak terasa, kita sudah di pintu gerbang bulan Ramadhan kembali. Agar ibadah puasa bisa dijalankan dengan baik, tentu kesehatan tubuh harus dijaga. 
Asupan zat gizi yang cukup adalah salah satu hal yang jadi perhatian, terutama karena biasanya asupan makanan selama bulan puasa lebih sedikit daripada biasanya. Menu sahur dan menu buka puasa yang sehat adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan zat gizi Ibu dan keluarga.

Zat gizi yang dibutuhkan saat berbuka puasa adalah:
1. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat penting sebagai sumber energi. Karena itu, hidangkan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti sayuran hijau, kentang, jagung, nasi merah, bahan makanan dari gandum utuh seperti oatmeal dan roti gandum, kacang-kacangan, dan polong-polongan.
 
2. Protein
Protein tak hanya penting untuk pertumbuhan, tapi juga membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Sumber protein terdapat pada makanan seperti daging ayam, daging merah, telur, tahu, dan tempe.
 
3. Vitamin
Vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan juga tak boleh terlupa untuk menjaga keseimbangan asupan zat gizi untuk tubuh.
 
4. Air
Walaupun berpuasa, tetaplah penuhi kebutuhan asupan air tubuh dengan minum secukupnya. Kekurangan cairan bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Selain itu, untuk menjaga kondisi pencernaan, sebaiknya hindari hidangan pedas, atau minuman berkarbonasi seperti soda yang bisa meningkatkan asam lambung. Beberapa inspirasi hidangan sehat yang bisa jadi menu buka puasa sehat adalah:
1. Nasi Goreng
Hidangan ini sangat fleksibel karena bisa dibuat menggunakan berbagai macam bahan tambahan seperti sayur, daging, atau seafood untuk melengkapi zat gizinya. Nasi goreng juga mudah disiapkan, apalagi kalau Ibu menggunakan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng.
 
2. Sup sayuran
Sayuran dan kuah kaldu yang lezat tak hanya bergizi, tapi juga mengenyangkan. Kaldu yang hangat pun bisa jadi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Selain sajian tersebut, masih banyak resep lain yang mudah disiapkan yang bisa Ibu simak di www.royco.co.id. Menu sahur dan menu buka puasa sehat tak harus merepotkan, kok!
 
Sumber:
female.kompas.com/read/2012/08/01/09352337/Nutrisi.Terpenuhi.Selama.Puasa..Pencernaan.pun
ramadhan.republika.co.id/berita/ramadhan/shaum-sehat/12/08/13/m8ov9y-inilah-yang-perlu-diperhatikan-saat-sahur-dan-berbuka
nutritionmd.org/nutrition_tips/nutrition_tips_understand_foods/carbs_versus.html
Diakses pada 9 Juni 2014
 
close