Tips

Resep Pentul Ayam Kremes untuk Berbuka Puasa

Menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa sering jadi tantangan bagi Ibu yang bekerja. 
Banyaknya pekerjaan kantor serta kemacetan jalan sering membuat Ibu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan resep berbuka puasa untuk keluarga. Untuk menyiasatinya, Ibu bisa memilih resep berbuka puasa yang bisa disiapkan dari malam sebelumnya. Jadi, ketika waktu berbuka puasa hampir tiba, Ibu tinggal melakukan proses memasak akhir sebelum menghidangkan masakan tersebut untuk berbuka.

Salah satu resep berbuka puasa yang bisa Ibu coba adalah resep Pentul Ayam Kremes di Royco Masak Apa Hari Ini. Untuk hidangan ini, Ibu bisa mengungkep ayam sehari atau beberapa hari sebelumnya dengan Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng. Setelah proses mengungkep selesai, ayam bisa disimpan dalam wadah tertutup di kulkas atau freezer. Ketika waktu berbuka puasa sudah hampir tiba, Ibu tinggal menggorengnya. Mudah, kan?

Bahan kremes yang sering jadi kesukaan keluarga juga bisa Ibu siapkan dalam jumlah agak banyak. Kremesan yang telah digoreng tinggal disimpan di dalam wadah tertutup yang kedap udara agar tetap renyah, lalu siap dinikmati bersama Pentul Ayam yang telah Ibu siapkan. Kadang-kadang, kremesan ini pasti juga dinikmati keluarga sebagai bahan tambahan pada hidangan lain.

Pentul Ayam Kremes ini memang tidak sulit disiapkan. Trik yang harus Ibu perhatikan adalah besarnya api yang digunakan saat mengungkep ayam. Pertama, kalau Ibu menggunakan ayam broiler, bersihkan lemak ayam dan lap ayam dengan tissue sebelum diungkep untuk menghilangkan baunya. Jika masih tercium aroma anyir dari ayam, lumuri permukaannya dengan air jeruk nipis lalu cuci bersih sebelum memulai proses memasak. Ketika mengungkep, gunakanlah api kecil agar ayam tidak mudah gosong dan bumbu dapat meresap sempurna. Terakhir, Ibu bisa mencoba menggunakan air kelapa untuk mengungkep ayam, sehingga ayam jadi lebih renyah dan gurih setelah digoreng.

Cermat memilih resep berbuka puasa akan membantu Ibu menyiapkan hidangan lezat dan bergizi untuk keluarga saat berbuka puasa. Tak perlu lagi terpaksa beli makanan di restoran atau di warung kalau waktu berbuka puasa sudah di depan mata, kan?
 
Sumber:
resepsehat.com/2014/01/27/ayam-goreng-lebih-gurih-berkat-air-kelapa/
republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/14/02/20/n186ax-yuk-berkreasi-dengan-bumbu-instan
Diakses pada 9 Juni 2014
 
close