Tips

Tips Memasak Iga Sapi untuk Hidangan Lebaran

 

Hidangan seperti ketupat dan opor ayam memang selalu jadi menu wajib Lebaran. 
Tapi, jika Ibu ingin menyajikan sesuatu yang berbeda, bagaimana kalau mencoba menghidangkan lezatnya sajian iga sapi yang tentunya akan disukai keluarga? Sop Iga Sapi Banget adalah salah satunya. Resep ini bisa Ibu simak di Royco Masak Apa Hari Ini. Daging sapi yang empuk dan kuah sop iga yang gurih akan menyatu dengan ketupat yang Anda sajikan saat Lebaran. Dengan menyajikan Sop Iga Sapi Banget di saat lebaran, Anda dapat membawa suasana baru pada lebaran tahun ini di tengah-tengah keluarga Anda.
Lezatnya daging iga yang mudah lepas dari tulang dan bagai meleleh di mulut memang tak tergantikan. Apapun metode memasaknya, baik dibakar, dipanggang, ataupun disajikan bersama kuah yang gurih, menggigit iga sapi yang empuk dengan bumbu yang lezat merupakan kenikmatan tersendiri. Kunci untuk membuat hidangan iga sapi yang lezat adalah proses memasak yang dilakukan dengan cermat sehingga bumbu meresap sempurna dan daging iga empuk sehingga nikmat disantap. Tips memasak  berikut ini akan membantu Ibu menyajikan masakan iga sapi yang lezat.

1. Pilihlah iga sapi muda yang akan lebih cepat empuk dan tidak berbau.
2. Agar iga empuk dan pendek waktu memasaknya, Ibu bisa mengolah iga dengan cara memasaknya dengan panci tekan/pressure cooker. Caranya bisa Ibu simak di http://royco.co.id/article/detail/840285/tips-sederhana-sajikan-menu-buka-puasa-lezat-dan-sehat.
3. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan iga dan rebus selama beberapa menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan iga. Jika Ibu menggunakan iga lokal, lakukan langkah ini sekali lagi dengan air rebusan baru sebelum melanjutkan proses memasak. Tapi, jika Ibu menggunakan iga impor, cukup merebusnya 1x sebelum mulai mengolahnya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada iga.
4. Lumuri iga dengan bumbu halus dari campuran pala, kapulaga, dan kayu manis. Campuran bumbu ini juga membantu menghilangkan bau tak sedap pada iga. Jangan lupa menambahkan Royco rasa Sapi untuk rasa bumbu yang semakin mantap.
5. Kalau Ibu mengempukkan iga dengan cara direbus, gunakan api kecil-sedang saat merebus iga. Biasanya iga perlu direbus selama sekitar 2 jam hingga benar-benar empuk.

Ada banyak sajian iga sapi yang bisa Ibu hidangkan saat Lebaran. Mulai dari sop iga bakar, iga bakar, sop konro khas Makassar, dan masih banyak lagi. Nah, masakan  manakah yang akan Ibu sajikan saat Lebaran tahun ini?
 

Sumber:
tabloidnova.com/Nova/Tips/Mengolah-Iga/
tabloidnova.com/Nova/Sedap/Makanan/Sop-Iga-Bakar-Semedi/
 
close