Artikel Terbaru

Jagung Pipil Dalam Resep Masakan Sederhana dan Praktis

Terlambat bangun dan belum menyiapkan hidangan untuk santap sahur? 

Resep masakan sederhana dan praktis seperti Tumis Jagung dan Sawi di http://www.royco.co.id/recipes/detail/12906/1/tumis-jagung-sawi atau tumis sayuran lain bisa jadi andalan Ibu. Sayuran cukup ditumis sebentar bersama bumbu dan Royco All in One, dan sajian sehat nan lezat pun siap.

 

Waktu persiapan yang singkat akan jadi semakin pendek jika semua sayuran yang Ibu perlukan telah dipotong sehingga Ibu tinggal menumisnya. Contohnya adalah jagung pipil dalam resep Tumis Jagung dan Sawi di atas. Kalau mau mudah, tentu Ibu bisa menggunakan jagung pipil beku yang bisa Ibu dapatkan di supermarket. Tapi, biasanya jagung pipil beku seperti itu sudah kehilangan rasa manis alaminya karena sudah tidak segar. Cara untuk mendapatkan rasa terbaik dari jagung manis pipil tentu saja dengan memipil jagung segar.

 

Tapi, memipil jagung segar membutuhkan waktu ekstra. Untuk menghemat waktu, Ibu bisa memipil jagung manis segar dalam jumlah agak banyak, lalu menyimpannya dalam freezer. Beberapa tips berikut ini akan membantu Ibu:

1.       Pilih jagung segar dengan kulit yang berwarna hijau cerah, rambut jagung yang masih terlihat pucat, dan biji jagung berwarna kuning segar merata.

2.       Usapkan tisu dapur atau lap basah pada jagung untuk membantu Ibu membersihkan rambut jagung dengan lebih mudah.

3.       Kalau Ibu ingin membekukan jagung pipil, jagung sebaiknya direbus dalam air mendidih selama sekitar 4 menit terlebih dulu. Atau, kukus jagung sebentar.  Setelah itu, tiriskan jagung hingga agak kering, baru pipil biji jagung.

4.       Simpan jagung yang telah dipipil dalam wadah kedap udara. Kalau Ibu akan menyimpan jagung pipil dalam kantung plastik, pastikan semua udara telah dikeluarkan dari kantung plastik dan kantung dalam keadaan tertutup rapat. Jagung pipil yang dibekukan bisa bertahan selama 8-10 bulan.

5.       Ketika akan menggunakan jagung pipil beku, jagung bisa segera diolah tanpa melakukan proses defrost terlebih dahulu.

 

Menyimpan jagung pipil beku seperti ini akan memudahkan Ibu dan mempersingkat waktu masak saat akan menyajikan berbagai masakan seperti Tumis Jagung Sawi pada resep di atas, ataupun sajian lain seperti sup jagung dan perkedel jagung.

 

 

 

Sumber:

recipetips.com/kitchen-tips/t--1283/all-about-sweet-corn.asp

bhg.com/recipes/how-to/cooking-basics/how-to-cut-corn-off-the-cob/

 
close