Artikel Terbaru

Mengenal Kembang Tahu

Kandungan air dalam masakan seperti sup sayuran memang bermanfaat untuk tubuh karena membuat sajian jadi lebih mengenyangkan sekaligus memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh. 

Apalagi gurihnya kaldu lezat yang dibuat dengan tambahan Royco rasa Ayam dijamin akan membangkitkan selera makan. Karena itu, resep sup sayuran bisa jadi pilihan tepat untuk resep berbuka puasa. Untuk sajian sup sayuran yang beda, ayo coba resep Kimlo yang bisa Ibu simak di http://www.royco.co.id/recipes/detail/11446/1/kimlo.

 

Ada satu bahan yang sering Ibu jumpai dalam sajian Kimlo yaitu kembang tahu. Jangan sampai keliru dengan sajian kembang tahu yang manis itu ya, Bu. Kembang tahu yang sering disajikan dalam Kimlo adalah lembaran tipis atau ampas yang muncul di permukaan susu kedelai saat dimasak yang diangkat dan dikeringkan. Selain dalam kimlo dan sup, kembang tahu juga sering dijadikan sebagai kulit pembungkus berbagai sajian seperti lumpia, ekado, ataupun dim sum. Bahan ini juga sering dijadikan sebagai pengganti ayam suwir karena teksturnya yang mirip.

 

Ada beberapa jenis kembang tahu yang bisa Ibu dapatkan di pasaran, yaitu:

1.       Gohyong, yaitu kembang tahu yang tipis dan mudah dibentuk. Berbeda dengan jenis kembang tahu lainnya, gohyong tak perlu direndam air dulu sebelum diolah.

2.       Kembang tahu batangan. Jenis kembang tahu ini harus direndam dalam air panas dulu sebelum bisa dipotong sesuai selera dan digunakan dalam sajian Ibu.

3.       Kembang tahu simpul. Populer digunakan untuk sajian sup dan tumis.

4.       Kembang tahu tebal. Jenis kembang tahu ini juga harus diseduh dulu sebelum dipotong-potong. Ada 2 jenis kembang tahu lembaran yang bisa Ibu dapatkan yaitu kembang tahu tawar (berwarna lebih kuning) dan kembang tahu manis (berwarna coklat tua dan lebih tebal).

 

Selain lezat, kembang tahu juga bergizi tinggi, lho. Kandungan protein yang terdapat dalam kembang tahu bahkan lebih tinggi dibandingkan tempe dan tahu. Ibu bisa memodifikasi berbagai resep berbuka puasa dan sahur dengan menambahkan bahan satu ini agar sajian keluarga menjadi lebih bergizi.

 

Sumber:

tabloidnova.com/Nova/Tips/Serba-Kembang-Tahu/

abc.net.au/tv/pohskitchen/stories/s2856377.htm

myfitnesspal.com/food/calories/chinese-tofu-skin-fresh-11881458

 
close