Resep Makanan Sehat - Labu Siam

Artikel Terbaru

Labu Siam untuk Menu Makanan Sehat

Kantuk saat sahur akan hilang dalam sekejap ketika sajian sayur asem yang segar telah terhidang di depan mata. 

Apalagi, Sayur Asem Royco yang resepnya bisa Ibu simak di Royco Masak Apa Hari Ini bisa Ibu siapkan dengan mudah. Penambahan Royco Bumbu Komplit Sayur Asem dalam sajian juga akan membuat sayur asem semakin nikmat tanpa harus membuat Ibu repot menakar berbagai bumbu.

 

Kesegaran sayur asem jadi semakin bermanfaat karena kandungan gizi di dalamnya, terutama dengan penggunaan bahan seperti kacang panjang dan labu siam di dalam resepnya. Di artikel kali ini, kita akan membahas sedikit tentang labu siam.

 

Labu siam termasuk sayuran yang fleksibel untuk diolah menjadi berbagai hidangan, seperti Tumis Labu Siam, Sayur Lodeh, Sayur Bening, serta tentu saja Sayur Asem. Sayuran ini punya banyak kandungan gizi, di antaranya:

1.       Kalium, untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

2.       Asam folat, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko kelahiran bayi cacat.

3.       Niasin, membantu metabolisme energi dalam tubuh

4.       Vitamin B6, berperan penting dalam metabolisme protein.

5.       Serat: penting untuk melancarkan pencernaan, terutama selama bulan puasa ketika asupan serat menjadi jauh berkurang.

 

Dengan berbagai kandungan zat gizi tersebut, labu siam bisa menambah manfaat menu makanan sehat seperti Sayur Asem ataupun sajian lainnya. Tapi, terkadang orang enggan mengolah labu siam karena getahnya yang banyak. Masalah ini mudah diatasi dengan beberapa langkah sederhana:

1.       Potong pangkal labu siam atau potong menjadi 2 bagian. Setelah itu, gosok bagian bekas potongan tersebut hingga getahnya keluar dan terkumpul.

2.       Cara lain, rendam labu siam yang telah dipotong jadi 2 dalam air yang telah ditambahkan sedikit garam.

 

Dua cara sederhana tersebut dapat membantu Ibu menghilangkan getah yang terdapat pada labu siam. Jadi, Ibu pun siap memasak Sayur Asem sebagai menu makanan sehat untuk sahur nanti. Jangan lupa pakai Rocyo Bumbu Komplit Sayur Asem ya Bu, agar proses memasak jadi lebih praktis dan cepat. Selamat menyiapkan hidangan sahur!

 

Sumber:

sajiansedap.com/article/detail/341/membersihkan-getah-labu-siam#.U7uUP0DDUYI

sinarharapan.co/sehat/read/19653/labu-siam-makanan-sehat-untuk-jantung-

kokikutv.fimela.com/read/455/tips-mengolah-labu-siam#.U7uNMEDDUYI

nutrition-and-you.com/chayote.html

 
close