Artikel Terbaru

Lebih Sehat dengan Ketupat Nasi Merah

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang dinanti umat Muslim. Lebaran dirayakan tak hanya sebagai hari kemenangan setelah berpuasa selama sebulan, tapi juga sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga besar, 

menjalin kembali silaturahmi yang mungkin telah merenggang karena lama tidak berjumpa dan bertukar kabar.

 

Saat berkumpul bersama keluarga pada hari raya Lebaran, hidangan lezat yang biasanya kerap tersaji di meja makan adalah ketupat. Masakan Lebaran lain yang disajikan bersama ketupat mungkin berbeda-beda, mulai dari opor ayam, rendang, hingga berbagai macam kue kering yang lezat. Tapi, ketupat hampir selalu ditemukan terhidang saat Lebaran. Kalau Ibu ingin mencoba menghidangkan ketupat yang lebih sehat, kenapa tak mencoba membuat ketupat dengan beras merah?

Beras merah memang termasuk makanan sehat, terutama bila dibandingkan dengan beras putih. Beras merah kaya vitamin B1, B3 dan B6, serta mengandung serat yang lebih banyak dibandingkan beras putih. Karena itu, ketupat buatan Ibu tentu jadi lebih bergizi dengan penggunaan beras merah.

Jika Ibu berniat membuat ketupat beras merah, resepnya bisa Ibu simak di http://www.royco.co.id/recipes/detail/14511/1/ketupat-nasi-merah. Tapi, agar hasil ketupat beras merah buatan Ibu tak kalah lezat dengan ketupat beras putih, simak beberapa tips berikut ini:

1.       Rendam beras merah selama setidaknya 3 jam sebelum diolah. Hal ini diperlukan untuk memperlunak kulit beras merah.

2.       Waktu masak ketupat beras merah juga lebih lama dibandingkan ketupat biasa, yaitu sekitar 4-5 jam.

3.       Rasio air untuk merebus dengan beras merah adalah 1:1, misalnya 1 kg beras merah direbus dengan 1 liter air.

4.       Pilih selongsong ketupat dengan ukuran yang kurang lebih sama, sehingga ketupat matang merata. Pilih pula selongsong ketupat dari daun yang segar dengan sulaman yang rapat.

5.       Sebelum memasukkan ketupat ke dalam air rebusan, pastikan air sudah dalam keadaan mendidih. Selain itu, pastikan seluruh bagian ketupat terendam air sehingga ketupat matang merata. Saat air menyusut, tambahkan air mendidih sehingga proses memasak ketupat berjalan dengan stabil.

6.       Setelah ketupat matang, gantung ketupat agar air sisa rebusan menetes keluar dan ketupat menjadi kering.

7.       Tambahkan Royco rasa Ayam pada air rebusan ketupat untuk membuat ketupat buatan Ibu semakin nikmat.

 Makanan sehat dan lezat tentu akan semakin menghangatkan suasana Lebaran Ibu bersama keluarga. Selamat Hari Raya Idul Fitri!


Sumber:

health.kompas.com/read/2011/06/15/0624396/Kenapa.Beras.Merah.Lebih.Menyehatkan.

food.detik.com/read/2012/08/18/125918/1994513/297/2/membuat-ketupat-dan-lontong-yang-enak-simak-tips-ini

okefood.com/read/2013/08/02/490/846897/bikin-ketupat-dari-beras-merah-bisa-kok
 
close