Artikel Terbaru

Tips Aman Gunakan Panci Tekan

Lebaran biasanya identik dengan memasak banyak hidangan untuk dinikmati bersama keluarga. 

Agar waktu untuk masak berbagai sajian Idul Fitri jadi lebih singkat, panci tekan untuk membantu mengempukkan bahan makanan seperti iga, buntut, maupun kacang-kacangan kering sering jadi andalan. Alat masak ini memang praktis dan bisa dipakai untuk membuat berbagai macam hidangan, mulai dari ketupat hingga sop iga!

 

Salah satu contoh hidangan yang bisa dibuat dengan panci tekan adalah Sop Iga Sapi Banget yang resepnya ada di http://www.royco.co.id/recipes/detail/11452/1/sop-iga-sapi-banget. Dengan menggunakan panci tekan, iga jadi empuk hanya dalam waktu 35 menit! Cara memasak hidangan ini pun mudah. Semua bahan makanan termasuk bumbu dan Royco rasa Sapi tinggal dimasukkan dalam panci tekan, lalu dimasak. Sop Iga lezat pun tersaji dengan mudah dan cepat. Tapi ingat, penggunaan dan perawatan panci tekan harus dilakukan dengan cermat, karena pemakaian yang salah bisa berbahaya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan panci tekan dengan aman:

1.       Gunakan panci tekan dengan setidaknya 2-3 sistem pengaman yang akan mengeluarkan uap dari dalam panci secara otomatis bila tekanan pada panci melebihi batas aman.

2.       Jaga kondisi karet pada tutup panci tekan sehingga panci tekan tetap kedap udara. Kalau karet pada tutup panci tekan ini sudah mulai usang dan tidak elastis, Ibu bisa menggantinya. Jika panci tekan sering digunakan, ganti karetnya secara berkala.

3.       Gunakan cairan yang cukup saat memasak, yaitu minimal 1 cangkir cairan. Cairan yang terlalu sedikit tidak akan memproduksi cukup uap untuk memasak bahan makanan.

4.       Jangan mengisi panci tekan terlalu penuh. Jaga agar panci tekan hanya terisi maksimal 2/3-nya atau maksimal hanya ½ ukuran panci kalau Ibu memasak bahan makanan yang mengembang seperti kacang kering.

5.       Bahan makanan dengan kadar gula tinggi seperti tomat, sebaiknya tidak diletakkan di dasar panci tekan, karena akan gosong dan membuat aroma makanan yang dimasak jadi rusak. Letakkan bahan makanan yang manis di bagian atas panci tekan.

6.       Sebelum membuka tutup panci tekan, pastikan semua tekanan dan uap dari dalam panci telah dilepaskan. Untuk cara pengeluaran yang paling aman, ikuti petunjuk cara pakai panci tekan milik Ibu. Selain itu, jauhkan tangan dan wajah Ibu saat membuka panci tekan. Uap yang tersisa masih panas dan bisa melukai Ibu.

7.       Agar panci tekan terawat dan tetap berfungsi dengan baik, bersihkan panci tekan dengan seksama. Ikuti dan perhatikan petunjuk pembersihan panci tekan karena kadang ada beberapa bagian yang tidak boleh dicuci dengan air.

 

Dengan pemakaian dan perawatan yang tepat, Ibu pun bisa menggunakan panci tekan untuk masak berbagai macam makanan. Menggunakan panci tekan tentu jadi cara memasak yang lebih mudah dan singkat. Hidangan apa yang sering Ibu sajikan dengan bantuan panci tekan?

 

Sumber:

nyata.co.id/rekarasa/menggunakan-panci-presto/

taste.com.au/how+to/articles/1719/pressure+cooking+++the+complete+how+to+guide

cookingequipment.about.com/od/pressurecookers/a/PressureCookerSafe.htm

 
close