Tips

Trik Mudah Melapisi Ikan dengan Adonan Tepung

Kalau Ibu pernah mencoba membuat ikan goreng tepung di rumah, Ibu mungkin pernah mengalami saat adonan tepung yang seharusnya melapisi ikan justru terlepas ketika digoreng.

Akibatnya, harapan akan sajian ikan yang renyah pun jadi buyar karena lapisan tepung roti tidak melapisi seluruh permukaan ikan dengan sempurna.

 

Tapi, Ibu tidak perlu khawatir. Masalah ini bisa diatasi dengan cara memasak yang sederhana, kok. Lakukan saja tips-tips berikut ini saat memasak ikan goreng tepung di rumah:

1.       Sebelum dilapisi dengan adonan tepung, tepuk-tepuk daging ikan dengan tissue atau lap bersih agar bagian luar dagingnya kering.

2.       Setelah itu, gulingkan daging ikan di atas tepung terigu serbaguna. Tepuk lembut agar tepung yang berlebih terlepas.

3.       Kemudian, gulingkan daging ikan dalam telur yang telah dikocok lepas.

4.       Setelah itu, gulingkan kembali daging ikan dalam tepung roti yang renyah. Tata ikan di atas piring yang telah dialasi plastik.

5.       Setelah daging ikan terlapisi oleh adonan tepung dengan sempurna, simpan daging ikan dalam kulkas selama sekitar 30 menit. Sedikit pendinginan seperti ini akan membantu adonan tepung untuk menempel dengan baik pada daging ikan. Pastikan daging ikan tidak saling bertumpuk satu sama lain saat disimpan di dalam kulkas, ya.

 

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, adonan tepung yang melapisi daging ikan Ibu tidak akan terlepas saat digoreng. Hasilnya adalah sajian ikan goreng tepung yang renyah! Teknik ini bisa Ibu coba pada resep Gurami Goreng Crispy di laman ini. Jangan lupa untuk membumbui tepung pelapis ini agar sajian gurami buatan Ibu semakin lezat, ya. Penambahan Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng juga bisa dicoba lho agar proses memasak menjadi semakin praktis.


Sumber:

okefood.com/read/2012/12/04/304/726966/agar-ikan-ayam-goreng-tepung-bisa-renyah/large'

food52.com/hotline/2976-what-is-the-real-secret-to-keeping-breading-on-a-piece-of-meat-no-matter-what-i-try-the-stuff-always

 
close