Tips

Tips Tumis Buncis Udang yang Lezat

Menumis adalah salah satu metode memasak hidangan yang lebih sehat karena bahan makanan dimasak dengan lemak seperti minyak atau mentega dalam jumlah yang sedikit. 

Apalagi, masakan yang ditumis dengan api besar mampu membuat sayuran matang tapi tetap renyah dan berwarna cerah sehingga anak susah makan yang membenci sayuran akan berubah pikiran saat mencoba sajian yang ditumis. Waktu masak yang singkat dan persiapan yang mudah membuat hidangan yang diolah dengan cara ditumis jadi semakin menarik.

 

Salah satu contoh hidangan lezat yang dimasak dengan cara ditumis adalah Tumis Buncis Udang yang resepnya bisa Ibu simak di http://www.royco.co.id/recipes/detail/12614/1/tumis-buncis-udang. Agar sajian ini sukses Ibu hidangkan di meja makan, ada beberapa tips yang bisa Ibu coba:

 

1. Gunakan wajan berukuran besar sehingga semua bahan makanan mendapatkan panas yang merata. Selain itu, penggunaan wajan yang terlalu kecil atau bahan makanan yang terlalu banyak membuat bahan makanan menjadi sulit matang.

 

2. Bahan makanan sebaiknya tidak ditumis terlalu lama. Karena itu, agar buncis matang merata, masak buncis dalam air mendidih selama beberapa detik sebelum menumisnya.

 

3. Potong buncis dalam ukuran yang sama agar matang merata.

 

4. Udang juga tidak membutuhkan waktu tumis yang lama. Udang ukuran besar hanya membutuhkan waktu 3-4 menit, udang ukuran sedang membutuhkan waktu 2,5-3,5 menit, dan udang ukuran kecil membutuhkan waktu 2-2,5 menit. Udang yang matang berwarna merah muda, sedangkan udang yang terlalu matang akan melingkar seperti huruf ‘O’ dan bukannya melingkar seperti huruf ‘C’.

 

5. Sebelum mulai menumis, pastikan semua bahan makanan sudah siap, karena menumis hanya membutuhkan waktu yang singkat.

 

6. Pastikan buncis dalam keadaan tidak basah saat ditumis agar kerenyahannya terjaga setelah ditumis.

 

Resep Tumis Buncis Udang ini bisa Ibu kreasikan sesuai selera, misalnya menggantikan buncis atau udang dengan sayuran lain atau daging ayam. Tapi yang pasti, jangan lupa untuk menambahkan Royco All in One, sehingga rasa tumisan yang Ibu buat akan semakin mantap. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

heb.com/page/recipes-cooking/cooking-tips/cooking-shrimp

cookinglight.com/cooking-101/techniques/10-sauteing-tips

startcooking.com/10-tips-to-a-successful-stir-fry

thekitchn.com/how-to-stir-fry-vegetablescooking-lessons-from-the-kitchn-171758

 
close