Tips

Tips Memilih & Menyimpan Terasi

Terasi adalah salah satu bahan khas yang sering digunakan dalam berbagai macam masakan Asia Tenggara. 

Bahan masak ini memang memiliki aroma yang unik dan mampu menambahkan rasa juga aroma yang menggugah selera saat ditambahkan dalam hidangan. Terasi bisa digunakan dalam berbagai macam hidangan, mulai dari hidangan tumis sayuran, nasi goreng, sambal, dan masih banyak lagi. Salah satu hidangan lezat dengan terasi yang bisa Ibu siapkan adalah Tumis Buncis Belacan yang resepnya bisa Ibu simak di Royco Masak Apa Hari Ini. Cita rasa tumis buncis pun jadi semakin istimewa dengan penggunaan terasi.

 

Untuk hidangan yang lezat, terasi yang digunakan pun tentu harus segar dan berkualitas. Karena itu, pilihlah terasi berwarna alami, yaitu berwarna cokelat kehitaman. Terasi yang berwarna cerah biasanya sudah diberi tambahan pewarna yang belum tentu foodgrade. Selain itu, saat membeli terasi, pastikan kemasan terasi masih dalam keadaan utuh dan tidak robek untuk menghindari kontaminasi dari kotoran dan kuman.

 

Cara penyimpanan terasi juga perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas dan kesegaran terasi. Masalahnya, terasi mentah yang sudah terpakai bisa menimbulkan jamur. Jadi, kalau Ibu sudah menggunakan sebagian terasi dalam kemasan, sebaiknya terasi yang masih tersisa dalam kemasan dibakar, digoreng, atau dikukus sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.

 

Kalau sudah siap dengan terasi yang segar, sajian Tumis Buncis Belacan pun bisa mulai Ibu buat. Cara memasak hidangan ini tidak sulit, kok. Apalagi dengan penggunaan Royco All In One yang membuat Ibu tak perlu repot lagi menyiapkan dan menghaluskan berbagai macam bahan dan bumbu dapur. Ibu hanya perlu menumis bumbu dari bawang putih dan cabai merah yang dihaluskan bersama udang dan baby buncis. Setelah itu, tambahkan Royco All in One[Lil3]  serta terasi. Hidangan pun siap disajikan. Mudah, kan?

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/48189-tips-memilih-dan-menyimpan-terasi-agar-awet.html

beritasatu.com/tips/15846-cara-menyimpan-terasi-agar-bertahan-lama.html

female.kompas.com/read/2011/11/24/11530649/Cara.Memilih.dan.Menyimpan.Terasi

 
close