Tips

Mengenal Jenis Tepung Terigu

Saat mencoba berbagai macam resep masakan mudah , Ibu mungkin pernah melihat beberapa macam tepung yang digunakan dalam resep yang berbeda, 

yaitu tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein rendah, serta tepung terigu serbaguna. Apakah Ibu mengetahui perbedaan di antara ketiga jenis tepung tersebut?

 

Jenis gandum yang digunakan untuk membuat tepung merupakan salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya kadar protein dalam tepung terigu. Semakin keras gandum yang digunakan, maka semakin tinggi pula kadar protein dalam tepung terigu. Selain itu, proses pembuatan tepung terigu juga jadi penentu. Tepung terigu protein rendah biasanya telah melewati proses bleaching yang menurunkan kadar protein yang terkandung di dalamnya.

 

Lalu, masing-masing jenis tepung terigu lebih cocok digunakan untuk jenis hidangan seperti apa? Tepung terigu protein rendah biasanya memiliki kadar protein lebih rendah dari tepung terigu serbaguna, yaitu di bawah 10-12%. Karena kadar proteinnya yang rendah, tepung terigu jenis ini memiliki tingkat penyerapan air yang rendah pula. Tepung terigu satu ini cocok untuk diolah menjadi gorengan, cookies, dan biskuit. Sebaliknya, tepung terigu protein tinggi memiliki kadar protein di atas 10-12% dan cocok untuk hidangan seperti roti, mi, dan pasta.

 

Baik tepung terigu protein rendah maupun tepung terigu protein tinggi bisa digantikan dengan tepung terigu serbaguna. Tapi, hidangan yang dihasilkan tentu akan lebih baik bila Ibu menggunakan jenis tepung terigu yang tepat. Misalnya, resep Tahu Isi Sayuran Saus Asam Manis ala Royco yang menggunakan tepung terigu protein rendah akan menghasilkan gorengan yang lebih renyah dibandingkan yang menggunakan tepung terigu serbaguna ataupun tepung terigu protein tinggi.

 

Ingin mencoba resep Tahu Isi Sayuran Asam Manis di atas? Bukan cuma jenis tepung terigu saja yang harus Ibu perhatikan untuk membuat gorengan yang lezat. Bumbu yang Ibu gunakan juga harus pas, kan? Karena itu, jangan lupa untuk menambahkan Royco All in One untuk membumbui Tahu Isi Sayuran kreasi Ibu, ya.

 

Sumber:

thekitchn.com/good-question-p-1-8151

finecooking.com/articles/choosing-flour-for-baking.aspx
 
close