Tips

Tips Membuat Saus Keju


Brokoli sering dihindari oleh anak-anak. Jika tumis brokoli  tidak membuat si kecil tertarik, salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menambahkan saus keju lezat untuk menjadikannya Broccoli & Cheese. Ibu hanya perlu merebus brokoli, menuangkan saus keju yang creamy di atasnya, lalu memanggangnya sebentar di dalam oven. Saus keju meleleh yang lezat di atas brokoli pasti akan menggoda anak Ibu untuk mau menikmati hidangan ini.

 

Resep Broccoli & Cheese yang bisa Ibu coba dapat ditemukan di Royco Masak Apa Hari Ini. Sedangkan untuk tips merebus brokoli bisa Ibu temukan di laman ini , sedangkan tips memilih brokoli segar bisa Ibu simak di laman ini . Tapi, selain brokoli yang lezat, Ibu tentu memerlukan saus keju yang lezat juga. Untuk membantu Ibu membuatnya, simak beberapa tips berikut ini:

 

1.       Siapkan semua bahan sebelum mulai membuat saus keju

Siapkan semua bahan yang dibutuhkan sebelum Ibu mulai membuat saus keju. Karena proses pembuatannya yang singkat, tata rapi semua bahan di dekat jangkauan Ibu. Ibu pasti akan terhindar dari saus yang gosong dan menggumpal karena tidak terlalu lama meninggalkan kompor ketika akan mengambil bahan lain.

 

2.       Gunakan api kecil

Api yang terlalu besar akan membuat saus keju gosong, terutama ketika keju parut telah ditambahkan. Selalu gunakan api kecil, agar saus keju juga tidak ‘pecah’. Tidak hanya itu, Ibu juga harus selalu mengaduk saus keju ketika masih dimasak. Untuk mempermudahnya dan juga menghindari saus keju yang menggumpal, gunakan whisk.

 

3.       Masak roux hingga matang

Roux adalah campuran mentega leleh dan tepung terigu yang dimasak di atas wajan sebagai dasar saus keju. Roux dimasak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga matang dan berwarna keemasan. Kalau roux tidak dimasak cukup lama, saus keju akan terasa seperti tepung terigu.

 

4.       Masukkan susu dan keju sedikit demi sedikit

Masukkan susu dan keju parut yang telah bersuhu ruangan (tidak dingin) sedikit demi sedikit. Cara ini membantu agar saus keju menjadi lembut dan tidak menggumpal.

 

5.       Gunakan susu full cream

Susu cair dengan kandungan lemak yang lebih tinggi akan menghasilkan saus keju dengan tekstur yang lebih lembut. Penggunaan susu rendah lemak atau skim milk memang bisa menggantikan susu full cream, tapi saus keju yang dihasilkan butuh waktu lebih lama untuk mengental dan jadi lembut serta rasanya menjadi kurang creamy.

 

Agar hidangan semakin lezat, saus keju bisa dibumbui dengan bumbu seperti merica hitam, garam, dan pala bubuk sesuai selera. Jangan lupa juga untuk menambahkan Royco All in One agar cita rasa saus keju lebih nikmat, ya.

 

 

 

Sumber:

noshon.it/tips/secrets-perfectly-creamy-cheese-sauce/

tablespoon.com/posts/how-to-make-cheese-sauce/ddc46f68-9ee3-4a13-ade6-8f930bd4dd04

finecooking.com/articles/how-to-melt-cheese.aspx?pg=2

 
close