Tips

Tips Membuat Kulit Pangsit


Pangsit rebus lembut dengan kuah hangat yang gurih memang lezat. Dengan isian lezat seperti pada resep Sup Pangsit ala Kopitiam, Ibu pun bisa menyajikan sup pangsit yang nikmat untuk keluarga. Anak tersayang yang suka pilih-pilih makanan pun pasti akan menyukai sajian lezat ini bahkan bila Ibu menambahkan potongan sayur dalam isiannya.

 

Saat membuat hidangan pangsit, mungkin Ibu biasa menggunakan kulit pangsit siap pakai yang bisa didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Tapi, sebenarnya kulit pangsit juga bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Caranya tidak terlalu berbeda dengan cara membuat pasta, yaitu menguleni tepung terigu dengan telur dan sedikit air hingga adonan kalis. Setelah itu, adonan dipipihkan dan dipotong sesuai kebutuhan, lalu siap diisi untuk sajian pangsit yang lezat.

 

Kalau Ibu ingin mencoba membuat kulit pangsit sendiri, beberapa tips memasak  berikut ini bisa membantu Ibu:

1.       Uleni adonan hingga kalis. Setelah kalis, jangan uleni adonan lagi. Menguleni adonan terlalu lama bisa membuat adonan kulit pangsit menjadi keras dan terlalu kenyal.

2.       Setelah diuleni, diamkan adonan selama sekitar 10 menit agar adonan menjadi lebih elastis.

3.       Setelah dipotong sesuai kebutuhan, taburi adonan kulit pangsit dengan tepung agar tidak saling menempel satu sama lain

4.       Gunakan tepung terigu protein tinggi untuk membuat kulit pangsit rebus maupun goreng. Tapi, jika Ibu hendak membuat pangsit kukus, gunakan tepung terigu protein rendah untuk membuat kulitnya agar pangsit lebih lembut dan tampak transparan setelah dikukus.

5.       Pada suhu ruangan, jaga agar kulit pangsit tidak kering dengan cara menutupinya dengan serbet atau handuk lembap. Jika ingin menyimpan kulit pangsit yang belum digunakan, simpanlah dalam keadaan tidak ditumpuk selama sekitar 30 menit. Lalu, simpan dalam wadah kedap udara di dalam freezer. Adonan pangsit yang belum diolah bisa digunakan hingga 1 bulan.

 

Setelah berhasil membuat kulit pangsit, mulailah membuat pangsit dengan cara yang tepat agar sajian pangsit Ibu yang tidak hanya lezat, tapi juga cantik. Beberapa tips di laman ini  bisa Ibu coba saat mengolah hidangan pangsit. Resep Sup Pangsit ala Kopitiam di atas bisa Ibu coba, lengkap dengan kuah hangat nan gurih dengan cita rasa pas yang didapatkan berkat penggunaan Royco rasa Ayam.

 

Membuat kulit pangsit sendiri memang butuh usaha ekstra. Tapi, mendapatkan hasil hidangan pangsit yang sedap dan disukai keluarga jelas memberikan kepuasan tersendiri. Tertarik mencoba membuat kulit pangsit sendiri, Bu?

 

 

 

Sumber:

chinesedumplingrecipes.com/tips-making-dumpling-dough-wrapper.html

canadianliving.com/blogs/food/2013/02/15/super-easy-homemade-wontons/

 
close