Tips

Tips Agar Nasi Merah Tidak Keras


Ingin mulai mengubah pola makan dengan makanan yang lebih sehat, Bu? Salah satu langkah yang bisa Ibu ambil adalah mensubstitusi nasi putih dengan nasi merah.

 

Beras merah memang memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada beras putih. Kulit ari yang kaya serat dan minyak alami masih menempel pada beras merah. Kandungan serat alami pada kulit ari ini memberi efek kenyang, sedangkan kandungan lemaknya merupakan lemak esensial yang penting bagi perkembangan otak. Kandungan protein, vitamin, dan mineral pada beras merah juga lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu, kandungan gula pada beras merah pun lebih rendah daripada beras putih.

 

Sayangnya, kebanyakan orang kurang menyukai nasi merah karena teksturnya yang tidak sepulen nasi putih. Kulit ari yang masih menempel pada beras merah memang membuat nasi merah jadi terasa lebih keras dan kasar dibanding nasi putih. Tapi, sebenarnya nasi merah pun bisa terasa lembut kalau dimasak dengan benar. Beberapa tips berikut ini bisa Ibu coba saat memasak nasi merah:

 

      1.            Rendam sebelum dimasak

Agar lebih cepat matang, rendam beras merah selama 30-60 menit sebelum dimasak.

 

      2.            Gunakan air lebih banyak

Beras merah perlu dimasak dengan air 2 kali lebih banyak dibandingkan beras putih. Tiap 1 gelas beras merah membutuhkan sekitar 3-4 gelas air dalam proses memasaknya.

 

      3.            Masak lebih lama

Beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Jika Ibu memasak nasi dengan rice cooker, tambahkan waktu memasaknya. Akan tetapi, hasil nasi merah akan lebih lembut jika dimasak dengan cara ditanak.

 

      4.            Campur beras merah dengan beras putih

Bila keluarga Ibu masih menyesuaikan diri untuk mengonsumsi nasi merah, Ibu bisa mencampur beras merah dengan beras putih, misalnya dengan perbandingan 3:1.

 

Nasi merah tentu tidak kalah fleksibel dengan nasi putih sehingga bisa disajikan dalam berbagai menu makanan sehat . Salah satu yang bisa Ibu coba dengan mudah adalah resep Nasi Merah Jagung Gurih ala Royco di laman ini . Dengan tambahan Royco rasa Ayam  pada resep tersebut, nasi merah akan terasa semakin gurih dan lezat. Kandungan nutrisinya pun jadi daya tarik tersendiri pada menu makanan sehat ini. Tertarik mencobanya, Bu?

 

 

 

Sumber:

health.kompas.com/read/2010/10/13/15082251/Beras.Merah.Lebih.Unggul.dari.Beras.Putih

beritasatu.com/resep/134782-nasi-merah-bertekstur-lembut-ini-4-kuncinya.html

republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/13/03/07/mja3u8-tips-sukses-masak-beras-merah

 
close