Tips

Tips Memilih Telur Asin Segar


Ibu dan keluarga gemar makan telur asin? Olahan telur bebek ini memang sedap dijadikan lauk pendamping sajian di meja makan. Tapi, selain dinikmati dalam bentuk utuhnya, telur asin juga bisa dijadikan bahan dalam hidangan Ikan Goreng Telur Asin , lho.

 

Cara memasak  ikan goreng dalam resep tersebut sangat mudah. Ibu hanya perlu mencampur kuning telur asin yang sudah matang dengan tepung terigu dan tepung maizena. Setelah itu, ikan kakap yang telah dicelup dalam kocokan telur dibaluri dengan campuran tepung dan kuning telur asin tersebut. Ikan kakap kemudian digoreng hingga matang dan renyah, lalu siap disajikan. Penggunaan telur asin serta Royco Bumbu Komplit Ikan goreng akan membuat sajian ikan goreng  semakin lezat dengan bumbu yang pas.

 

Agar salut Ikan Goreng Telur Asin dalam resep ini kaya rasa, tentu Ibu harus menggunakan telur asin yang masih segar. Bagaimana cara memilih telur asin yang segar dan berkualitas? Beberapa tips berikut ini bisa Ibu coba:

1.       Pilih telur asin yang berwarna biru cerah dan bersih. Telur asin yang sudah tidak segar memiliki warna yang kusam dan berbintik-bintik hitam akibat pertumbuhan jamur.

 

2.       Letakkan telur di depan cahaya dan terawanglah sambil diputar-putar. Perhatikan apakah kuning telur asin bergeser atau tidak. Jika kuning telur bergeser, berarti telur asin sudah tidak segar. Jangan pilih pula telur asin yang kuningnya telah pecah.

 

3.       Rendam telur asin dalam 2 gelas air yang telah ditambahkan 1 sendok teh garam. Telur asin yang masih segar akan tenggelam, sedangkan telur asin yang terapung berarti kantung udara di bagian ujungnya sudah membesar yang menunjukkan bahwa telur asin sudah terlalu lama disimpan dan sudah tidak segar.

 

4.       Belah telur asin dan perhatikan warna putih serta kuning telurnya. Telur asin yang segar akan memiliki putih dan kuning telur yang cerah, bersih, dan tidak kusam. Telur asin yang segar juga tidak kenyal dan mudah diiris. Jangan takut kalau telur asin agak menempel pada kulitnya saat dikupas, karena telur asin yang segar justru memiliki ciri-ciri tersebut.

 

Telur asin yang segar tentu lebih lezat dinikmati. Kira-kira, telur asin yang sedap ini bisa disajikan dalam hidangan apa lagi, ya?

 

 

 

Sumber:

nyata.co.id/rekarasa/memilih-telur-asin/

lifestyle.okezone.com/read/2012/12/08/304/729350/mau-tahu-telur-asin-terbaik-cukup-rendam-dalam-air

 
close