Tips

Tips Menyimpan Kerang Segar


Kerang termasuk seafood yang punya banyak penggemar. Tidak heran jika restoran seafood umumnya menyediakan sajian kerang. Tapi, jika Ibu berniat mencoba membuat sajian kerang sebagai menu makanan sehat  yang kaya gizi di rumah, sebelumnya Ibu juga harus mengetahui cara menyimpan kerang segar di dalam kulkas agar kualitas dan kesegarannya tetap terjaga walau tidak langsung diolah.

 

Beberapa tips menyimpan kerang segar yang perlu diperhatikan adalah:

1.       Sebelum disimpan, sebaiknya kerang dibersihkan terlebih dulu di bawah air mengalir dengan cara menyikat cangkangnya dengan sikat lembut.

2.       Simpan kerang dalam wadah tertutup dengan keadaan cangkang dalam posisi horizontal. Hal ini dilakukan agar cairan kerang yang menjadi sumber cita rasa kerang tidak keluar sehingga kelezatannya tetap terjaga.

3.       Walaupun disimpan dalam wadah tertutup, sebaiknya wadah tidak ditutup terlalu rapat agar kerang tidak mati lemas.

4.       Bungkus wadah penyimpan kerang dengan tisu dapur atau kain lembab agar kerang tidak menjadi kering dan tetap sedap saat diolah. Tapi, usahakan untuk tidak menyimpan kerang di dalam air karena akan mudah busuk.

 

Bila disimpan dalam kulkas, kerang segar harus segera dimasak sebelum 3 hari. Tapi, bila disimpan di dalam freezer, kerang bisa bertahan hingga beberapa bulan. Setelah siap dengan stok kerang segar, Ibu tinggal mengolahnya menjadi hidangan lezat seperti pada resep Cah Kerang Dara ala Royco . Ibu juga bisa menambahkan beberapa bahan beraroma kuat seperti serai, kemangi, daun jeruk, jahe, dan lengkuas untuk mengurangi bau amis pada kerang. Jangan lupa juga untuk menambahkan Royco All in One , ya. Sajian kerang buatan Ibu pun pasti tidak kalah lezat dengan sajian kerang restoran seafood ternama!

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/8045-tips-menyimpan-kerang.html

tempo.co/read/news/2010/11/26/105294786/Tips-Memilih-dan-Menyimpan-Seafood

lifestyle.okezone.com/read/2012/12/10/304/730072/tips-menyimpan-kerang-agar-tak-membusuk

 
close