Tips

Membuat Kuah Kaldu Sup yang Jernih & Bersih


Membuat sup sayuran memang tidak rumit. Ibu tinggal menyiapkan bumbu dan rempah, membuat kaldu yang lezat, menambahkan sayuran serta bahan pelengkap lainnya, maka sup sayuran yang lezat dan bergizi pun siap disajikan. Saat membuat hidangan untuk keluarga, biasanya Ibu akan lebih mementingkan rasa daripada penampilan. Itulah sebabnya Ibu mungkin tidak apa jika kuah kaldu sup sayuran buatan Ibu terlihat agak keruh dan tidak jernih. Yang penting rasanya, bukan?

 

Tapi, ada kalanya pula Ibu perlu menyiapkan sup sayuran dengan penampilan yang cantik, misalnya untuk dihidangkan pada acara kumpul keluarga besar. Agar sup sayuran terlihat menarik, sayuran perlu dipotong rapi dengan bentuk yang cantik dan kuah kaldu pun perlu disiapkan sedemikian rupa agar terlihat jernih dan bersih. Apa saja yang harus Ibu lakukan untuk membuat kuah kaldu yang jernih?

 

1.       Buat kaldu dengan api kecil dan usahakan agar kaldu tidak mendidih hingga menggelegak.  Teknik ini tidak hanya membuat kaldu lebih jernih, tapi juga membantu mengeluarkan cita rasa dari tiap bahan yang digunakan dalam membuat kaldu.

2.       Selama kaldu direbus, sedikit demi sedikit akan muncul buih pada permukaan kaldu. Buang buih tersebut dengan saringan rapat yang kecil (tea strainer).

3.       Saring kaldu yang telah siap dengan chinois alias saringan kaldu. Alat ini biasa digunakan di berbagai restoran dan hotel berbintang untuk menyajikan kaldu jernih yang cantik. Saringan ini berbentuk kerucut dan lebih rapat dari saringan biasa, sehingga menjamin kaldu yang tersaring bersih dan jernih. Kalau Ibu tidak memiliki saringan khusus ini, Ibu juga bisa menggunakan kain bersih berserat rapat yang telah dibasahi dengan air bersih untuk menyaring kaldu.

4.       Setelah kaldu disaring, kaldu masih bisa dijernihkan lagi. Caranya, masukkan putih telur yang telah dikocok hingga berbusa ke dalam kaldu yang sedang dididihkan. Aduk sebentar hingga merata, lalu matikan api. Biarkan kaldu beberapa saat hingga agak dingin. Ibu akan melihat putih telur mulai mengambang di permukaan kaldu beserta sisa bumbu dan kotoran pada kaldu. Buang putih telur dan kotoran tersebut untuk mendapatkan kaldu yang jernih.

 

Coba saja teknik dan cara memasak  kaldu di atas dalam resep sup sayuran yang sederhana seperti resep Sup Komplit dengan Sayuran di laman ini . Dengan sayuran segar dan Royco rasa Ayam, rasa sup sayuran ini tak perlu diragukan lagi. Dengan teknik di atas, sup pun tak hanya lezat, tapi juga cantik dengan kuah kaldu yang jernih. Selamat mencoba.

 

 

 

Sumber:

thekitchn.com/-good-questions_39-180042

thekitchn.com/kitchen-shortcuts-an-easy-tric-136788

culinaryone.com/how-to-clarify-broth/

food.detik.com/read/2009/07/30/144759/1174435/482/saringan-kaldu-yang-praktis

 
close