Tips

Memilih & Mengolah Jambal Roti


Nasi goreng dapat disajikan dengan berbagai bahan tambahan, mulai dari telur, sayur, bakso, sosis, dan seafood. Salah satu bahan yang sering digunakan dalam nasi goreng adalah ikan asin yang tidak hanya menambah cita rasa nasi goreng, tapi juga memberikan tekstur renyah pada hidangan. Contohnya pada resep Nasi Goreng Ikan Asin ala Royco yang menggunakan ikan asin jambal roti.

 

Jambal roti dibuat dengan cara mencelupkan ikan yang telah ditiriskan hingga kering ke dalam larutan gula merah. Setelah itu, ikan digarami, dijemur hingga kering, dan dilumuri larutan bawang putih. Larutan bawang putih inilah yang membuat cita rasa jambal roti berbeda dengan jenis ikan asin lainnya.

 

Jambal roti biasanya dijual dalam potongan besar dengan daging agak tebal. Untuk memilih jambal roti dengan kualitas terbaik, pilihlah jambal roti yang masih utuh, dengan warna yang terang, dan daging lunak yang tidak kering. Cara terbaik untuk menyimpan jambal roti adalah dengan memisahkan bagian perut yang lebih cepat kering dan busuk dengan bagian dagingnya. Setelah itu, simpan jambal roti dalam wadah tertutup di lemari es.

 

Karena dagingnya yang tebal, jambal roti bisa jadi terlalu asin. Karena itu, jambal roti perlu direndam dulu dalam air hangat dan dicuci di bawah air mengalir sebelum diolah. Selain itu, potong jambal roti dengan potongan kecil agar rasa asinnya tidak berlebihan.

 

Nasi goreng yang kaya bumbu dan gurih dengan tambahan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng Pedas memang cocok dipasangkan dengan ikan asin jambal roti karena cita rasa dari bumbu nasi goreng akan menyeimbangkan rasa asin dari jambal roti. Selain menggunakan jambal roti, Ibu juga bisa menggunakan jenis ikan asin lain seperti teri medan dan ikan asin bulu ayam. Cara pengolahan tiap jenis ikan asin tersebut bisa Ibu simak di laman ini . Jenis ikan asin mana yang paling sering Ibu sajikan untuk keluarga?

 

 

 

Sumber:

demediapustaka.com/9-isi/berita/323-serba-serbi-ikan-asin

food.detik.com/read/2011/10/31/080205/1756030/312/memilih-ikan-asin-jambal-roti

 
close