Tips

Mengolah Jamur Shiitake yang Lezat & Bergizi


Jamur merupakan salah satu bahan makanan sehat dan bergizi yang bisa Ibu olah dengan mudah dalam berbagai macam masakan . Nutrisi seperti selenium, zinc, vitamin B2, vitamin D, serat, dan asam folat terkandung dalam jamur yang sederhana. Hebatnya lagi, jamur sangat mudah disiapkan!

 

Salah satu resep masakan lezat yang menggunakan jamur shiitake adalah Soun Goreng Jamur di laman ini . Dalam resep ini, jamur shiitake yang telah dibersihkan hanya perlu diiris tipis dan dimasak bersama bahan lainnya serta Royco All in One sebelum siap dinikmati. Cara memasak  yang mudah, kan? Tertarik untuk menyajikan hidangan jamur shiitake, Bu? Beberapa tips berikut ini bisa membantu:

1.       Jamur shiitake bisa didapatkan di pasar atau supermarket dalam 2 bentuk, yaitu dalam keadaan segar dan kering. Jamur shiitake segar bisa langsung diolah setelah dibersihkan, tapi jamur shiitake kering harus direndam dulu dengan air panas dalam wadah tertutup selama sekitar 20 menit sebelum bisa diolah lebih lanjut. Air bekas rendaman jamur shiitake kering ini bisa disaring dan disimpan untuk Ibu gunakan saat membuat kaldu sayuran yang lezat.

 

2.       Saat membeli jamur shiitake segar, belilah jamur yang terlihat bersih dan masih segar. Jamur yang telah tampak keriput dan berlendir sudah tidak segar lagi.

 

3.       Jamur shiitake segar perlu disimpan dalam kantung kertas di dalam kulkas agar kesegarannya bisa bertahan hingga sekitar 1 minggu. Sedangkan jamur shiitake kering perlu disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dalam kulkas atau freezer, dan bisa bertahan hingga 6 bulan.

 

4.       Jamur sangat mudah menyerap air, jadi sebaiknya jamur shiitake segar tidak dibersihkan dengan cara dicuci di bawah air mengalir ataupun direndam. Sikat saja jamur shiitake dengan sikat untuk membersihkan jamur atau dengan kain bersih yang telah dibasahi.

 

5.       Bagian batang jamur shiitake sebaiknya dipotong dan disisihkan karena kurang enak dinikmati. Tapi, jangan buang bagian batang jamur shiitake ini. Ibu bisa menggunakannya untuk membuat kaldu sayuran.

 

Jamur shiitake bisa ditumis bersama sayuran, ditambahkan dalam sup, atau dijadikan bahan pendamping dalam berbagai sajian, misalnya dalam berbagai hidangan pasta, sajian ayam atau daging panggang. Sajian apa yang biasa Ibu siapkan menggunakan jamur shiitake?

 

 

 

Sumber:

whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=122

taste.com.au/how+to/articles/6239/how+to+prepare+dried+shiitake+mushrooms

huffingtonpost.com/2013/06/28/shiitake-recipes_n_3512436.html

 
close