Tips

Tips Mudah Membuat Keripik Kentang Renyah


Keripik kentang yang renyah paling enak dinikmati saat bersantai, sambil menonton TV ataupun saat membaca buku kesukaan. Membeli sebungkus keripik kentang di mini market tentunya jadi cara yang paling mudah. Tapi, membuat keripik kentang sendiri di rumah sebenarnya tidak sulit, kok. Rasa keripik kentang yang Ibu dapatkan juga tak kalah lezat!

 

Royco juga punya resep menu masakan  Potato Chips with Herbs di laman ini . Untuk rasa gurih yang nikmat, Ibu tinggal menambahkan Royco rasa Ayam dan taburan seledri cincang di atas keripik kentang yang telah digoreng. Keripik kentang nan renyah pun siap dinikmati.

Untuk sajian keripik kentang yang lezat, beberapa tips berikut ini bisa Ibu coba:

 

1.       Kunci keripik kentang yang renyah adalah potongan kentang yang tipis. Semakin tipis potongan kentang yang Ibu siapkan, maka makin renyah pula hasil keripik kentang yang bisa Ibu dapatkan. Cara termudah untuk memotong kentang dengan tipis adalah menggunakan mandolin, yaitu alat pemotong khusus. Kalau Ibu tidak memiliki mandolin, pisau yang amat tajam serta keahlian memotong yang baik bisa jadi andalan.

 

2.       Rendam potongan kentang dalam semangkuk air dingin selama sekitar 10 menit. Langkah ini membantu menghilangkan kanji yang berlebih sehingga Ibu akan mendapatkan keripik kentang yang renyah. Setelah itu, bilas potongan kentang, lalu tiriskan.

 

3.       Setelah direndam, tiriskan potongan kentang hingga benar-benar kering. Keripik kentang yang basah akan menyebabkan cipratan minyak saat proses penggorengan. Selain itu, keripik kentang yang kering akan matang lebih cepat dan lebih merata.

 

4.       Goreng keripik kentang dalam banyak yang minyak. Untuk memastikan kerenyahan keripik, goreng keripik kentang sedikit demi sedikit.

 

Selain diolah dengan cara digoreng, keripik kentang juga bisa dipanggang dalam oven bersuhu 200°C selama 20 menit atau dalam microwave selama 6 menit. Agar kentang matang merata, balik potongan kentang di tengah proses memasak. Selain itu, pastikan tiap potongan kentang tidak saling menyentuh satu sama lain, karena potongan kentang akan saling menempel saat dipanggang.

 

Keripik kentang yang dimasak dengan oven atau microwave tidak membutuhkan minyak. Tapi untuk tambahan rasa, Ibu bisa mengolesi potongan kentang dengan sedikit olive oil. Tambahan bumbu seperti potongan seledri, lada hitam, thyme, bubuk bawang putih, serta bermacam bumbu lainnya bisa Ibu tambahkan setelah keripik kentang matang atau sebelum keripik kentang dipanggang dalam oven atau microwave. Selamat mencoba!

 

 

 

Sumber:

localfoods.about.com/od/snackstreatsappetizers/ss/potatochips.htm

thekitchn.com/how-to-make-crispy-potato-chips-in-the-microwave-166718

nigella.com/recipes/view/home-made-oven-chips-791

 
close