Tips

Tips Membuat Bola Daging Ayam yang Empuk


Sajian yang menggunakan bola daging mungkin tampak seperti sajian yang merepotkan untuk dibuat. Tapi, kelezatan bola daging yang Ibu dapatkan tentu sepadan dengan usaha ekstra yang Ibu keluarkan. Untuk membuat bola daging, Ibu bisa menggunakan berbagai macam daging cincang, mulai dari sapi, ayam, udang, bahkan tuna dan salmon. Bola daging yang dibuat dari daging cincang dengan kandungan lemak yang lebih tinggi seperti daging sapi biasanya lebih empuk, sedangkan bola daging dari daging cincang dengan lebih sedikit lemak seperti daging ayam biasanya bisa jadi terlalu kenyal bila terlalu matang.

 

Tapi, bola daging ayam yang lezat tidak hanya harus empuk, tapi juga lezat. Beberapa tips dan teknik berikut ini bisa Ibu coba saat membuat bola daging ayam di rumah:

1.       Adonan bola daging biasanya ditambahkan sedikit tepung roti agar adonan tidak mudah hancur dan lebih mudah dibentuk. Tapi saat membuat bola daging ayam, rendam tepung roti dalam susu sebelum mencampurnya dalam adonan bola daging. Teknik ini membantu menjaga agar bola daging ayam tidak kering dan tidak terlalu kenyal.

 

2.       Agar bola daging ayam tetap empuk, adonan bola daging ayam tidak boleh terlalu diaduk. Cukup campur hingga semua bahan dan bumbu merata, lalu mulai bentuk bola daging ayam. Mengaduk adonan dengan tangan secara langsung akan membantu mencegah adonan terlalu banyak diaduk dibandingkan kalau adonan diaduk dengan alat khusus.

 

3.       Telur ayam ditambahkan dalam adonan bola daging agar adonan lebih mudah dibentuk. Tapi, penggunaan telur yang terlalu banyak juga bisa membuat bola daging jadi terlalu kenyal. Perbandingan penggunaan telur yang cukup biasanya sekitar 1 butir telur untuk setiap ½ kg daging cincang.

 

Ada banyak resep sup di website Royco dengan bahan bola daging ayam yang bisa Ibu coba. Salah satunya adalah resep Sup Bola Ayam Sayuran . Dengan bola daging ayam yang empuk serta kuah gurih dengan tambahan Royco rasa Ayam, sajian sup lezat dapat Ibu siapkan dengan mudah. Apalagi selain tips di atas, Ibu bisa menemukan tips memasak bola daging ayam lainnya di laman ini . Tips-tips di kedua artikel ini akan membantu Ibu membuat bola daging yang lezat dan empuk. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

thekitchn.com/how-to-make-meatballs-cooking-lessons-from-the-kitchn-108048

busycooks.about.com/od/groundchickenandturkey/r/chickenmeatball.htm

bonappetit.com/test-kitchen/common-mistakes/article/the-8-most-common-meatball-making-mistakes

 
close