Tips

Tips Memilih & Mengolah Oncom


Nasi putih hangat nan pulen memang punya daya tarik tersendiri bagi orang Indonesia. Maka, tidak heran kalau melihat begitu banyak variasi dan kreasi sajian nasi putih dalam kuliner Indonesia. Salah satunya adalah Nasi Tutug Oncom ala Royco, yaitu sajian nasi putih yang dicampur dengan oncom yang sedap. Masakan Indonesia  ini bisa dinikmati dengan ayam goreng, tahu dan tempe goreng, lengkap dengan sambal nan sedap serta lalap dan daun kemangi. Membayangkannya saja jadi lapar!

                                    

Nasi Tutug Oncom tak sulit dibuat. Sebelum mencoba resep tersebut, mari kita berkenalan dulu dengan bahan utama hidangan ini, yaitu oncom. Bahan ini bisa didapatkan dalam 3 jenis, yaitu oncom merah (terbuat dari sisa pembuatan tahu), oncom hitam (dari olahan kacang kedelai), dan oncom Bandung (dari olahan kacang tanah). Untuk memilih oncom segar, pilihlah oncom dengan tekstur yang rapat dan tidak memiliki terlalu banyak jamur di permukaannya. Selain itu, jangan ragu untuk menanyakan kapan oncom tersebut dibuat pada sang penjual.

 

Setelah memilih oncom yang berkualitas, sebaiknya oncom segera diolah, karena bahan ini tidak bisa disimpan terlalu lama. Kalau Ibu ingin menyimpan oncom selama beberapa hari, oncom bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Tapi jangan simpan oncom dalam freezer, karena proses pembekuan akan mematikan ragi dalam oncom. Oncom juga tidak bisa disimpan dalam ruangan terbuka karena akan memudahkan tumbuhnya jamur liar pada oncom.

 

Salah satu tips yang bisa Ibu coba saat mengolah oncom adalah membakar oncom atau menyangrai oncom hingga agak kering sebelum diolah. Teknik ini akan mengeluarkan aroma oncom yang sedap sehingga hidangan Ibu akan semakin mengundang selera. Resep Nasi Tutug Oncom di atas pun siap dicoba, lengkap dengan penggunaan Royco rasa Ayam yang akan membuat sajian semakin pas bumbunya. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

Sumber 1

 
close