Tips Memasak Dimsum Udang dan Aneka Olahan Dimsum Udang yang Lezat

Bagi Anda pecinta masakan oriental pasti sudah tidak asing lagi dengan dimsum. Dimsum adalah masakan khas China yang mayoritas bahan bakunya terbuat dari seafood. Dimsum biasanya disajikan saat sore hari sebagai teman minum teh maupun saat sarapan pagi. Aneka jenis panganan ini sangat beragam, yakni ada dismum yang rasanya asin dan ada pula yang rasanya manis. Dimsum yang paling terkenal tentu saja yang terbuat dari seafood. Seafood yang dipakai biasanya berupa udang, cumi-cumi, kepiting, dan daging ikan putih. Tapi, yang paling sering dijual tentunya adalah dimsum udang. Selain rasanya yang nikmat, dimsum yang terbuat dari udang ini memiliki banyak zat gizi, seperti protein, asam amino, dan vitamin B12.

Anda tidak sulit tentunya untuk mencari restoran dimsum di kota Anda. Namun, jika Anda ingin membuat dimsum udang sendiri, Anda perlu memerhatikan langkah-langkahnya agar hasilnya sempurna. Sebelum membuat dimsum udang, pertama-tama Anda perlu mengetahui terlebih dahulu macam-macam dimsum yang memakai udang, di antaranya adalah:
1.    Hakau, yakni dimsum isi udang dengan lapisan tipis berwarna transparan dan terbuat dari tepung tianmien.
2.    Shiumai, yakni dimsum dengan isian udang dan daging ikan putih yang dilapisi dengan pangsit dan dikukus. Biasanya di atasnya diberi topping jamur atau telur kepiting.
3.    Spring Roll, yakni dimsum yang terbuat dari pangsit isi udang dan sayuran yang dibentuk seperti risoles dan digoreng dengan deep fryer.
4.    Shrimp and Chives Dumpling, yakni dimsum yang bentuknya hampir mirip dengan hakau, namun isiannya berupa daging udang dan bawang kucai.

Setelah mengetahui jenis-jenis dimsum yang menggunakan udang, Anda juga perlu menyimak langkah-langkah memasak dimsum udang berikut ini:

1.    Kupas kulit udang lalu cincang dagingnya sampai halus. Namun, jika Anda suka dengan tekstur adonan yang agak kasar, Anda bisa mencincangnya kasar.
2.    Cincang daging ikan putih. Jika Anda tidak suka, bisa diganti dengan daging ayam giling halus.
3.    Campur adonan udang dan ikan dengan tepung kanji dan bumbu masak lainnya seperti garam, lada, kecap asin, dan bumbu Royco tentunya agar rasanya semakin nikmat.
4.    Setelah diaduk rata, bentuk adonan kemudian lapisi dengan kulit pangsit.
5.    Untuk Hakau, jangan lupa untuk membuat adonan kulit dari tepung tianmien terlebih dahulu.
6.    Kukus dimsum sampai matang, dan jangan lupa sajikan dengan saus sambal.

Langkah-langkahnya cukup mudah bukan? Jadi, sudah siapkah Anda mencoba membuat dimsum udang yang lezat hari ini?




Sources: http://food.detik.com/read/2012/10/10/171848/2059512/1037/resep-dimsum-shrimp-and-chives-dumpling
              http://www.femina.co.id/kuliner/resep/hidangan.internasional/dim.sum.ayam.udang/004/001/525/03
              http://en.wikipedia.org/wiki/Dim_sum
 
close