Arsip

Membuat Bakso yang Lebih Rendah Lemak



Salah satu hal yang menambah rasa bakso adalah lemak yang terkandung pada daging yang menjadi bahan utama bakso. Tapi, bukan berarti Anda yang sedang menjalani diet harus benar-benar menghindari bakso, kok. Bila Anda membuat bakso sendiri, Anda tentu bisa mengatur bahan yang digunakan untuk membuat bakso sehingga Anda bisa mengontrol kandungan lemak dalam bakso buatan Anda. Untuk membuat bakso yang lebih sehat dan rendah lemak, Anda bisa melakukan beberapa perubahan dalam resep bakso andalan Anda, yaitu:

  1. Gunakan Daging tanpa Lemak. 
    Perbandingan daging dan lemak yang disarankan untuk bakso yang nikmat adalah 80:20. Tapi, Anda bisa mengurangi tingkat lemaknya dengan menggunakan daging sapi bebas lemak ataupun menggantikan daging sapi dengan daging lain yang lebih rendah lemak, misalnya ikan salmon atau tuna, ayam, ataupun kalkun.
  2. Bumbui Bakso dengan Baik.
    Agar rasa bakso tidak berkurang dengan diturunkannya campuran lemak dalam adonan, bumbui bakso dengan baik. Garam dan lada bisa dilengkapi dengan rempah seperti oregano, kemangi, bawang putih bubuk, cabai bubuk, dll.
  3. Gantikan Tepung Terigu dengan Tepung Gandum.
    Bakso membutuhkan tepung terigu sebagai bahan pengikat yang menjaga bentuk bakso. Kalau Anda ingin membuat bakso yang lebih sehat, Anda bisa menggantikan tepung terigu dengan tepung gandum yang lebih berserat dan bergizi.
  4. Memasak Bakso dengan Cara yang Lebih Sehat.
    Cara memasak bakso akan menentukan kandungan lemak dalam sajian bakso Anda. Merebus, memanggang, ataupun membakar bakso adalah cara yang relatif lebih sehat. Tapi, bila Anda ingin menyajikan bakso dengan cara digoreng, Anda cukup menumisnya dengan wajan anti lengket dan sedikit minyak goreng.
  5. Menyajikan Bakso dengan Cara yang Lebih Sehat.
    Penggunaan daging rendah lemak dalam bakso Anda hanya akan jadi sia-sia kalau akhirnya Anda menyajikan bakso rendah lemak Anda bersama bahan tinggi kalori dan lemak. Jadi, sajikan bakso Anda bersama salad ataupun sayuran. Anda juga bisa membuat saus sehat dari tomat atau keju rendah lemak.
Dengan cara pengolahan yang tepat dan sedikit perubahan yang kreatif pada resep bakso Anda, Anda bisa membuat bakso rendah lemak yang lebih sehat tapi tetap sedap. Pecinta bakso pun tak perlu khawatir akan kandungan lemak tinggi pada bakso kesukaannya. 
  
Sumber: 
 
close