Apa Yang Kamu Cari?

3 Alat Dapur untuk Membuat Camilan Praktis
3 Alat Dapur

untuk Membuat Camilan Praktis

Mengemil bisa jadi kebiasaan sehat kalau camilan yang kamu nikmati memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Camilan sehat bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan gizi harian, lho. Masalahnya, godaan mengemil tidak sehat cenderung lebih besar. Ini karena banyak camilan dalam kemasan yang bisa didapat dengan mudah tanpa harus repot memasak. 

Padahal, sebenarnya ada banyak cara membuat camilan praktis, lho. Beberapa di antaranya bisa kamu coba dengan bantuan peralatan dapur praktis berikut ini:

1. Blender

Camilan sehat yang paling mudah dibuat adalah smoothies. Potong kecil sayuran dan buah, lalu haluskan dengan blender bersama bahan lain seperti susu, yoghurt, atau madu. Kamu juga bisa membuat smoothies dalam jumlah agak banyak dan membekukannya dalam cetakan es loli. Camilan dingin bernutrisi ini cocok banget dinikmati saat siang yang panas!

Banyak sajian lain pula yang bisa kamu siapkan dengan blender, misalnya burger salmon atau Beef Bulgogi Burger, di mana kamu mencampur dan menghaluskan bahan-bahan burger dengan blender. Berbagai sajian sup juga bisa kamu siapkan dengan blender. Mudah dan praktis!

2. Oven

Kalau lebih suka camilan yang renyah, oven adalah peralatan dapur yang akan jadi andalan. Tak perlu lagi membeli keripik kentang atau camilan renyah siap saji dalam kemasan. Kamu bisa membuat camilan renyah sehat dan praktis dengan oven.

Salah satu yang bisa kamu buat adalah wortel panggang. Kamu cuma perlu mengolesi potongan wortel dengan minyak, lalu bumbui dengan garam, lada, serta rempah seperti kayu manis, pala, atau thyme. Setelah itu, panggang wortel dalam oven bersuhu 218°C selama sekitar 25 menit. Setelah wortel dipanggang, taburi sedikit gula merah di atas wortel. Wortel sehat untuk camilan pun siap dinikmati.

Ada banyak bahan lain yang bisa kamu buat dengann cara membuat camilan praktis ini. Kamu bisa membuat camilan keripik sehat seperti ubi, apel, atau roast almond. Resep Keripik Kentang Berbumbu juga bisa kamu siapkan dengan oven, lho.

3. Microwave

Tahukah kamu, makaroni keju juga bisa dibuat dengan microwave? Masukkan saja pasta dengan campuran air garam dalam mangkuk yang aman untuk microwave. Masak dalam microwave dengan suhu tinggi dalam interval 2 menit. Keluarkan pasta setiap 2 menit dan aduk, kemudian masak kembali selama 2 menit. Lakukan hal ini beberapa kali hingga pasta matang.

Setelah itu, tambahkan susu dan keju ke dalam pasta dan masak kembali dengan microwave dalam interval 30 detik. Keluarkan dan aduk pasta setiap 30 detik hingga keju meleleh dan berpadu dengan susu, membentuk saus kental. Makaroni keju lezat pun tersaji dengan mudah. Selain untuk resep makaroni keju, kamu juga bisa membuat camilan sehat dan praktis lainnya dengan microwave.


Ternyata ada banyak cara membuat camilan praktis yang bisa kamu coba tanpa menggunakan kompor. Selain mudah dibuat, camilan sehat juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. Camilan praktis apa yang paling kamu sukai?