Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Seporsi nasi goreng rendang dalam mangkuk kayu disajikan bersama sendok emas

4 Menu Istimewa yang Terinspirasi dari Makanan Khas Padang

Menu Istimewa Terinspirasi dari Makanan Khas Padang

Sepertinya nyaris tidak ada orang Indonesia yang tidak jatuh cinta dengan makanan khas Padang, seperti rendang, kalio, gulai, balado, dan banyak lainnya dengan protein yang bermacam-macam. Saking akrabnya kita dengan kuliner Sumatra Barat ini, maka tidak heran kalau banyak juga yang berkreasi masakan sendiri dengan sentuhan gaya Minang.

Kali ini kita akan berbagi empat resep twist yang terinspirasi dari kekayaan makanan khas Padang yang kaya rasa dan kaya bumbu. Tertarik? Yuk, kita coba satu per satu di pekan ini!

1. Nasi Goreng Rendang

1. Nasi Goreng Rendang

Siapa bilang membuat nasi goreng rendang itu sulit? Mungkin kita membayangkan terlalu ribet karena adanya elemen rendang padang yang dimasak dengan banyak bumbu, durasi memasak yang panjang, dan menggunakan kayu bakar. Padahal tidak demikian, karena kita punya Royco Nasi Goreng Rendang untuk membantumu memasak!

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan potongan daging sapi, dan masak hingga matang. Lanjutkan dengan menambahkan potongan wortel dan cabai merah, kemudian aduk bersama nasi putih. Setelahnya kita masukkan bumbu nasi goreng rendang dan aduk hingga merata. Sajikan segera. 

2. Nasi Bakar Rendang

2. Nasi Bakar Rendang

Foto close up nasi bakar rendang
Nasi bakar yang smokey dengan bumbu rendang? Terdengar seru! (Foto: Shutterstock)

Masih menggunakan Royco Nasi Goreng Rendang, kali ini kita akan membuat kreasi nasi bakar! Nasi yang kaya bumbu tersaji hangat dan memiliki aroma harum semerbak setelah dibakar, sungguh satu jenis makanan yang sulit untuk ditolak.

Mulailah dengan menumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu dan tambahkan cabai rawit serta ikan teri. Kemudian masukkan nasi serta bumbu nasi goreng Padang, aduk rata. Bungkus porsian nasi tadi dalam daun pisang dan bakar di atas grill pan. Sajikan saat hangat agar lebih nikmat rasanya!

3. Telur Balado

3. Telur Balado

Setelah bertualang dengan rendang, bagaimana kalau kita masuk ke bumbu balado? Tapi bukan balado merah, karena kali ini kita akan membuat telur balado cabai hijau. Caranya mudah dan tidak butuh waktu lama.

Ulek terlebih dahulu bawang merah, cabai hijau, dan cabai hijau keriting. Tumis cabai hijau tadi dengan serai dan daun salam hingga wangi. Lanjutkan dengan menumisnya bersama tomat hijau, garam, Royco Kaldu Ayam, gula, dan juga telur ayam yang sudah direbus. Tambahkan sedikit air asam jawa dan masak hingga semua bumbu meresap. Sajikan sebagai menu pendamping yang lezat.

4. Ayam Katsu Balado

4. Ayam Katsu Balado

Ayam katsu balado disajikan dengan nasi
Chicken katsu dengan twist berupa saus balado. (Foto: Shutterstock)

Siapa bilang chicken katsu harus selalu pakai saus a la Jepang? Karena kita punya ayam katsu dengan saus balado yang tak kalah menarik dan lezatnya. Disajikan rapi di atas nasi putih hangat, pasti akan menambah selera makan bagi siapapun yang melihatnya.

Ulek atau blender kasar bawang putih, bawang merah, cabai merah serta tomat. Karena akan digoreng katsu, maka siapkan wadah yang masing-masing berisi telur ayam, tepung panko, dan tepung terigu. Selimuti dada ayam pada masing-masing wadah tersebut dan goreng dalam minyak panas hingga keemasan. Sajikan chicken katsu gaya Padang dengan tambahan irisan kol serta ketimun.

Ternyata makanan sehari-hari bisa ya kita twist dengan cita rasa makanan khas Padang. Seru, bukan? Sekarang giliranmu untuk mencobanya di rumah. Selamat memasak!