Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Menu harian berupa tempe nugget berserakan di atas talenan kayu

5 Ide Menu Harian Mudah dan Cepat untuk Kamu Coba

Ide Menu Harian Mudah dan Cepat

Memikirkan menu harian yang harus dimasak dari sarapan hingga makan malam bukanlah perkara yang mudah. Karena dilakukan setiap hari, ada kalanya kita kehabisan ide. Meskipun orang Indonesia kebanyakan hanya masak sekali sehari, tetap saja koleksi resep selalu harus diperbaharui dan inspirasi selalu dicari.

Menyeimbangkan keinginan seisi rumah juga bisa jadi tantangan tersendiri. Meskipun mungkin kita ingin masak menu tertentu, tapi terkadang ada request dari pasangan ataupun anak-anak. Jadilah kita harus memutar otak agar semuanya bisa win-win. Tentu pemandangan paling indah adalah ketika seluruh keluarga berkumpul di meja makan dan menikmati makanan hingga tuntas. Lebih-lebih lagi kalau ada bonus berupa pujian juga dilayangkan bagi sang juru masak.

Kali ini, Royco ingin berbagi lima resep menu harian mudah dan cepat yang pastinya bakal selalu kamu butuhkan setiap harinya. Dari resep tumisan, gorengan, sup, hingga camilan ada semua di sini. Simak apa saja, yuk!

1. Sayur Bening

1. Sayur Bening

Semangkuk sayur bening dikelilingi oleh bahan-bahan masak
Sedap, bersih, dan sehat. Itulah sayur bening dengan jagung. (Foto: Shutterstock)

Resep yang satu ini tak hanya mudah, tapi juga disukai karena rasanya yang segar dan bernutrisi. Tak melulu untuk yang tengah menjalani masa pemulihan, sayur bening juga patut dinikmati juga oleh seluruh anggota keluarga. 

Cara membuatnya super mudah. Didihkan air lalu kemudian rebus jagung, bawang merah, dan daun salam. Tambahkan sedikit gula dan bumbui dengan Royco Kaldu Jamur. Terakhir baru masukkan bayam, aduk rata dan masak sebentar saja. Disajikan saat musim hujan rasanya begitu menghangatkan!

2. Tempe Nugget

2. Tempe Nugget

Punya stok tempe lebih tapi bosan kalau hanya digoreng begitu saja? Ini adalah cerita klasik di banyak rumah tangga sepertinya. Bagaimana kalau kita buat tempe nugget yang tak kalah enaknya dari chicken nugget?

Pertama, kukus tempe terlebih dahulu lalu campurkan bersama bawang putih, seledri, daun ketumbar, kuning telur, serta Royco Kaldu Ayam. Gunakan food processor atau ulekan biasa untuk dihaluskan. Lanjutkan dengan membentuk adonan seperti nugget, celupkan ke dalam putih telur dan tepung panir, lalu kemudian goreng. Hidangkan dengan kukusan sayuran dan saus pedas.

3. Kentang Goreng Pizza

3. Kentang Goreng Pizza

Wajan hitam berisi kentang goreng pizza sebagai menu harian
Kentang goreng pizza, camilan baru untuk dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Camilan keluarga yang seru dinikmat bersama ini paling cocok disajikan untuk akhir pekan, terutama saat sore atau malam hari, dimana keluarga berkumpul menonton film favorit. Inilah waktunya menyajikan kentang goreng pizza!

Untuk membuatnya, pertama goreng kentang dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan cabai bubuk. Sementara masak Royco Sup Krim Ayam dan tambahkan keju parut. Aduk hingga keju meleleh dan sup menjadi matang. Sajikan kentang goreng dengan siraman saus keju. Tambahkan sosis dan daun bawang serta tambahan keju agar semakin meriah! Yummy!

4. Nasi Goreng Hong Kong

4. Nasi Goreng Hong Kong

Ini dia resep nasi goreng yang paling mudah. Cocok untuk kamu yang perlu masak cepat ataupun nggak mau ribet masak dengan banyaknya bahan. Untuk resep ini, kamu hanya membutuhkan margarin, udang kupas, telur ayam, dan daun bawang.

Panaskan wajan dengan menggunakan margarin, lalu masak telur orak arik. Tambahkan minyak dan sedikit margarin, kemudian goreng nasi dengan tambahan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng. Masukkan udang dan aduk rata hingga semua matang merata. Terakhir baru masukkan daun bawang dan selada. Sajikan selagi hangat.

5. Tumis Taoge Teri

5. Tumis Taoge Teri

Tak hanya makanan utama, karena terkadang kita juga perlu memikirkan hidangan pendamping yang akan menggenapkan semuanya. Adalah tumis taoge dengan ikan teri yang populer tampil bersama hidangan a la Peranakan. Tapi tak mesti demikian, tumis taoge teri cocok dengan aneka ragam masakan rumahan lainnya.

Caranya membuatnya sangat mudah. Tumis bawang putih bersama taoge, tambahkan air dan sedikit Royco Kaldu Ayam. Tambahkan daun kucai, ikan teri, dan aduk rata. Sajikan dan nikmati bersama keluarga.

Bagaimana dengan lima resep menu harian tadi? Tak sulit untuk membuatnya, bukan? Yuk, siapkan bahan-bahan untuk memasak besok dan sajikan yang terbaik untuk keluarga tercinta!