Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Menu makan siang sehat berupa capcay disajikan di atas meja kayu

Ide Makan Siang Sehat dan Mudah untuk Kamu yang WFH

5 Ide Menu Makan Siang Sehat dan Mudah untuk Kamu yang WFH

Menu Makan Siang Sehat untuk yang WFH

Setelah menyiapkan menu sarapan pagi yang bernutrisi, tentunya menu makan siang sehat juga perlu dipersiapkan dengan baik. Namun untuk yang sedang WFH, ini menjadi satu tantangan tersendiri saat menyiapkannya. 

Bagaimana tidak? Saat di rumah, sepertinya ada saja 'gangguan’ kecil dari anggota keluarga, berbeda halnya dengan di kantor dimana kita bisa lebih fokus bekerja. Di samping harus masak, kita juga masih harus bersih-bersih sendiri dan ada saja hal lain yang harus dirapikan. Maka dari itu, menu makan siang praktis akan sangat membantu. Ini dilakukan agar kita tidak keseringan jajan di luar ataupun selalu mengandalkan fitur antar pesan. 

Untuk menu makan siang sehat, kita punya beberapa resep tumisan praktis dan dua hidangan berkuah segar untuk kamu coba hari ini. Lihat ada apa saja, yuk!

1. Resep Capcay

1. Resep Capcay

Tak hanya untuk sarapan ataupun makan malam, yang namanya capcay pastinya menggugah selera juga bila hadir saat makan siang. Keunggulan capcay adalah kelengkapan bahan dan nutrisinya. Sehingga kita bisa cukup memasak capcay saja dan menikmatinya dengan nasi hangat.

Untuk resep ini terdapat wortel, kol, brokoli, kacang kapri, jamur, sawi putih, bawang bombay, dan bakso. Opsional, tambahkan juga jagung muda dan udang bila kamu mau. Tumis-tumis dengan menggunakan minyak zaitun agar lebih sehat dan tambahkan saus tiram serta sedikit Royco Kaldu Ayam, lada putih, dan gula. Terakhir, kentalkan dengan sedikit larutan tepung maizena agar seluruh bahan bercampur dengan baik.

2. Resep Tumis Buncis Daging Giling

2. Resep Tumis Buncis Daging Giling

Seporsi tumis buncis dengan daging cincang disajikan di atas piring
Sehat dan berisi, itulah resep tumis buncis dengan daging cincang. (Foto: Shutterstock)

Ingin yang lebih sederhana dari capcay? Coba saja tumis buncis dengan daging giling. Kerenyahan buncis dan paduannya dengan daging sapi cincang adalah pasangan yang begitu cocok. Apalagi kalau ditambahkan pangsit goreng yang ditaburkan di atasnya, teksturnya akan semakin berwarna dan menggoda!

Pertama, tumis dulu bawang putih dan cabai, kemudian susul dengan daging cincang dan masak hingga matang. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar tidak gosong. Kedua, masukkan buncis dan masak hingga agak layu. Bumbui dengan saus tiram, garam, lada, dan Royco Kaldu Sapi. Kentalkan dengan larutan tepung sagu dan bubuhi sedikit minyak wijen agar wangi. Sajikan hangat-hangat lebih sedap! 

3. Resep Tumis Sawi Udang

3. Resep Tumis Sawi Udang

Kalau tadi buncis biasanya cocok dipadukan daging sapi, maka lain halnya dengan sawi yang cocok pasangannya dengan udang. Gunakan udang ukuran sedang, cuci bersih, dan kupas agar lebih mudah menikmatinya nanti.

Tumis bawang putih bersama udang hingga berubah wangi dan berubah warna. Kemudian tambahkan cabai merah kering, sedikit cuka, dan sawi serta daun bawang yang dipotong agak besar. Bumbui dengan sedikit Royco Kaldu Ayam, gula, dan kecap asin. Terakhir, jangan lupa bubuhi juga dengan sedikit minyak wijen, ya! Tumis sawi udang siap dinikmati.

4. Resep Sup Ayam Macaroni

4. Resep Sup Ayam Macaroni

Menyambut musim hujan, mungkin saja kamu ingin mencoba resep berkuah hangat dan praktis sebagai menu makan siang sehat. Pertama, siapkan dulu daging ayam cincang dan bumbui dengan garam, lada, telur, serta bawang merah dan bawang putih. Aduk rata dan bentuk seperti bakso kecil lalu kukus.

Langkah berikutnya adalah membuat kuahnya. Masak air hingga mendidih dalam panci, tambahkan Royco Kaldu Ayam, dan masukkan tumisan bawang putih ke dalamnya. Kemudian rebus bakso ayam tadi bersama macaroni, potongan kentang, wortel, dan bumbui hingga gurih. Terakhir, tambahkan daun bawang dan seledri lalu sajikan sup ayam macaroni selagi hangat.

5. Resep Sup Kacang Merah

5. Resep Sup Kacang Merah

Semangkuk sup kacang merah disajikan hangat
Sup kacang merah adalah hidangan yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Nah, untuk resep yang satu ini perlu sedikit persiapan dari semalam sebelumnya. Agar praktis, siapkan kacang merah kalengan lalu rendam semalaman. Keesokannya, rebus daging sapi sengkel bersama kacang merah. Bumbui rebusan dengan Royco Kaldu Sapi, pala, garam, dan juga lada.

Siapkan tumisan bawang dan masukkan ke dalam sup bersama seledri yang diikat. Masak dengan api kecil selama 30 menit lalu masukkan wortel. Masak sejenak dan kemudian sup siap untuk disajikan. Jangan lupa tambahkan potongan tomat, daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng agar sup kacang merah semakin semarak.

Tidak sulit, dong, untuk memasak menu makan siang sehat yang bergizi. Kalau ingin cepat, selalu sediakan menu tumisan. Tapi kalau ingin yang lebih istimewa, kedua resep sup tadi bisa jadi alternatifnya. Yuk, kita masak hari ini!