Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Dua buah mangga yang telah dipotong diletakkan di atas board kayu

Selagi Musimnya, Yuk Belanja 5 Jenis Mangga Berikut Ini!

Selagi Musimnya, Yuk Belanja 5 Jenis Mangga Berikut Ini!

Salah satu momen yang dinanti-nantikan orang Indonesia saat menjelang penghujung tahun adalah musim mangga. Di bulan-bulan ini khususnya, beragam jenis mangga yang telah matang tersedia begitu berlimpah dengan harga yang sangat bersahabat. Seolah mengingatkan kita agar jangan sampai ketinggalan.

Namun dari sekian banyak jenis mangga di pasaran, mungkin saja kita bertanya-tanya. Mangga apa sih yang paling manis? Apa yang membedakan jenis mangga yang satu dengan lainnya? Apa hanya sekadar Mangga Harum Manis saja yang paling enak?

Nah, kalau pernah mengajukan berbagai pertanyaan tersebut, berarti kamu datang ke tempat yang tepat. Kali ini kita akan membahas berbagai jenis mangga di Indonesia dengan berbagai karakteristiknya!

Jenis Mangga Harum Manis

1. Jenis Mangga Harum Manis

Jenis mangga harum manis dipotong kotak dan bersanding dengan buah lainnya
Buah mangga harum manis adalah yang paling populer di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Disebut juga sebagai Arumanis atau Harumanis, mangga ini adalah yang paling populer di Indonesia. Jenis yang satu ini bentuknya lonjong dengan ujung bawah yang meruncing dan bagian atas yang lebih gemuk. Dengan warna hijaunya, bentukan inilah yang menjadi simbol buah mangga.

Yang membanggakan adalah, buah asli Indonesia ini sudah merambah hingga sejauh Malaysia sejak tahun 1971. Di Indonesia sendiri, kota Probolinggo menjadi sentra produksi varietas yang paling terkenal ini. Seperti namanya, jika sudah matang, rasanya manis dan begitu wangi. Itulah mengapa harganya lebih mahal dibanding jenis mangga lainnya.

Mangga Indramayu

2. Mangga Indramayu

Satu lagi kota pesisir yang juga penghasil buah mangga terbaik di Indonesia. Adalah Indramayu dari pantai utara provinsi Jawa Barat yang menghasilkan varietas dengan nama yang sama. Sampai sini kita juga paham kalau buah mangga cocok ditanam di negeri-negeri tropis dan bersuhu lebih hangat. Itulah mengapa ia banyak ditemukan di kota-kota pesisir.

Kembali ke Mangga Indramayu, varietas yang satu ini populer karena tekstur renyah dan rasa manisnya meskipun belum sepenuhnya matang. Oh ya, mangga dari kota ini juga punya nama lain, lho, yaitu Mangga Cengkir. Kemudian secara harga juga tidak terlalu mahal dan mudah didapat.

Jenis Mangga Alpukat

3. Jenis Mangga Alpukat

Jenis buah mangga alpukat dibelah dua dan bijinya seperti buah alpukat
Buah mangga alpukat jadi primadona baru di kalangan pencinta buah mangga. (Foto: Shutterstock)

Sudah tidak asing lagi kini banyak buah-buahan yang merupakan hasil persilangan dengan tumbuhan lainnya. Salah satunya adalah Mangga Alpukat yang fenomenal ini. Bagian daging buah ini mengelilingi biji besar di tengah layaknya buah alpukat itu sendiri.

Buah asal Pasuruan, Jawa Timur ini uniknya juga punya tekstur lebih lunak dan harga yang lebih tinggi karena eksklusivitasnya. Meskipun demikian tidak ada kata rugi kalau mencobanya karena cita rasanya yang legit dan juga wangi.

Mangga Kweni

4. Mangga Kweni

Inilah salah satu jenis mangga yang paling harum baunya. Berbeda dengan varietas lainnya, Mangga Kweni lebih cocok tumbuh pada wilayah yang curah hujannya lebih tinggi dan tidak harus tumbuh di wilayah pesisir. Kota Bogor adalah salah satu penghasil Mangga Kweni yang terkenal di Indonesia.

Mangga ini punya daging yang berwarna lebih kuning, juicy dan lebih berserat. Bagian pangkalnya berwarna hijau ketika matang dan kulitnya halus berlilin. Rasanya manis, padat, dan juga banyak sari buahnya.

Mangga Gedong Gincu

5. Mangga Gedong Gincu

Sesuai namanya, Mangga Gedong Gincu punya warna oranye dengan gradasi kuning yang mirip dengan buah peach. Bentuk varian mangga ini bulat dengan kulit yang tebal. Dagingnya manis dan kenyal. Sungguh buah yang cantik dengan rasa yang sedap!

Berita baiknya, Mangga Gedong Gincu harganya relatif murah dan ternyata banyak yang berasal dari Indramayu. Ini adalah satu alternatif menarik kalau kamu ingin mencoba jenis mangga lainnya selain Mangga Harum Manis.

Demikian lima jenis mangga yang populer di Indonesia. Negeri yang kaya ini sebetulnya punya jenis lainnya dengan bentukan dan rasa serta tekstur yang berbeda-beda. Pastikan untuk mencobanya selagi musim di akhir tahun!