Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Profil Quinoa Royco

Profil Quinoa Royco

Artikel singkat tentang dampak lingkungan quinoa, peran pentingnya dalam budaya, dan penggunaannya sebagai pengganti makanan yang lebih umum seperti nasi.

Quinoa adalah salah satu ragam bahan makanan yang baik untuk masa depan (Future 50) yang sudah lama menjadi makanan pokok di Amerika Selatan, namun baru sejak awal 2000-an populer di Eropa dan Amerika Utara dan dipasarkan sebagai pengganti nasi yang lebih sehat dan lezat.

Lonjakan permintaan beberapa varietas quinoa mendesak petani mengambil tindakan untuk meningkatkan hasil panen, sehingga merusak pohon, tanah, dan air di sekitarnya. Untungnya, quinoa tidak memerlukan terlalu banyak sumber daya dibandingkan tumbuhan serupa, sehingga dapat dan harus ditanam berdasarkan praktik berkelanjutan.

Permintaan quinoa yang hanya meliputi beberapa dari 3.000 varietas membuat petani berhenti menanam varietas lain. Kurangnya keragaman quinoa berakibat pada degradasi lingkungan dan rusaknya tanah karena tanah tidak dibiarkan beristirahat antarpanen.

Kini diberlakukan insentif untuk petani agar menanam jenis quinoa yang lebih jarang dan program untuk mendorong konsumsinya di sekolah dan restoran. Ini membuka peluang dagang global bagi petani dan telah menguntungkan ekonomi setempat. Kasus quinoa menegaskan pentingnya membudidayakan dan mengonsumsi beragam varietas biji-bijian dan serealia untuk mengurangi ketergantungan terhadap beberapa tipe saja.

Dalam ilmu botani, quinoa bukan termasuk jenis serealia, melainkan kerabat jauh bayam, bit, dan chard. Quinoa merupakan tanaman tahan cuaca yang hanya butuh sedikit pupuk, mampu bertahan dari es, kekeringan, dan angin kencang. Quinoa dapat tumbuh di beragam iklim dan medan, termasuk area minim irigasi maupun bercurah hujan 3-4 inci per tahun! Varietas yang paling banyak dibudidayakan dan diekspor adalah quinoa putih, merah, dan hitam. Teksturnya bervariasi, tetapi rasanya kurang lebih sama.

Quinoa lengkap mengandung kesembilan asam amino esensial, menjadikannya protein komplet. Quinoa juga bebas gluten dan seimbang kandungan protein, lemak, mineral, dan vitaminnya.

Di Bolivia dan Peru, quinoa biasanya dimakan dalam semur atau sup.  Quinoa dapat disiapkan dengan mudah dengan direbus dalam kaldu atau air, lalu dibiarkan mendidih sampai semua cairan terserap. Ganti nasi dengan quinoa untuk hidangan seperti pilaf, isian daging, salad, dan bahkan burger sayuran untuk menambah tekstur serta rasa yang menyerupai kacang. Quinoa juga dapat ditumbuk dan digunakan untuk roti dan pasta. Sebagai bagian dari ragam bahan makanan yang baik untuk masa depan (Future 50) quinoa baik untuk Anda dan bumi.