Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Mengenal Manfaat Okra dan Cara Mengolahnya

Mengenal Manfaat Okra dan Cara Mengolahnya

Kamu perlu tahu segudang manfaat okra untuk kesehatan dan cara memasaknya

Okra merupakan salah satu jenis sayuran buah yang belum terlalu populer di Indonesia, padahal banyak manfaat okra yang sangat baik untuk tubuh. Sayuran ini pun menjadi salah satu bahan masakan dalam daftar “Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)”. Meski di pasar-pasar tradisional kini okra sudah mulai mudah ditemukan, tetapi masih banyak yang belum paham bagaimana cara mengolahnya.

Di India, okra dikenal dengan nama kacang bhindi dan di Amerika ada juga yang menyebutnya dengan nama gumbo. Secara universal okra juga memiliki nama lain, yaitu lady finger.

Sebabnya, sayuran berukuran kecil ini bagian ujungnya meruncing mirip jari tangan yang lentik. Selain itu, sayuran ini akan mengeluarkan lendir, mirip dengan lidah buaya, saat dipotong dan dimasak.

Manfaat Okra bagi Kesehatan Sehari-hari.

Manfaat okra tentunya sangat terkait dengan kandungan nutrisinya. Setiap 100 gram okra mengandung 33 Kalori, 7 gram karbohidrat, 3,2 gram serat, 0,08 gram kalsium, dan 18 mg vitamin C. Aktivitas antioksidannya pun sangat kuat. Bagi wanita, okra juga menjadi salah satu sayuran yang direkomendasikan selama masa kehamilan. Selain kaya vitamin C dan serat, kandungan asam folatnya juga cukup tinggi. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi asam folat secara teratur dapat menghindari potensi bayi terlahir dalam keadaan tidak normal.

Dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Processing and Technology tahun 2015, ada beberapa manfaat okra untuk kesehatan yang bisa kita ambil:

1. Menurunkan gula darah

Terkait dengan manfaat okra untuk diabetes, banyaknya lendir pada okra merupakan wujud dari kandungan seratnya yang sangat tinggi. Kandungan serat inilah yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan oleh Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuktikan juga bahwa okra memiliki efek hipoglikemik, yaitu menurunkan kadar gula darah.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Kandungan serat dalam okra juga berperan penting dalam saluran pencernaan sehingga dapat mengatasi masalah konstipasi (sembelit). Serat dalam bentuk polisakarida yang terkandung dalam okra dapat membersihkan saluran cerna sehingga memperlancar pencernaan dan membuat kerja organ-organ cerna menjadi lebih efektif.

3. Baik untuk kesehatan kulit

Setiap 100 gram okra dapat memenuhi 27% kebutuhan vitamin C dan 50% kebutuhan vitamin K. Kedua vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang sangat penting untuk memperbaiki jaringan tubuh. Jadi, asupan okra yang cukup dalam diet sehari-hari dapat membantu meremajakan kulit dan rambut.

4. Mencegah penyakit degeneratif

Konsumsi okra secara rutin dapat mengontrol kolesterol darah sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

5. Mencegah kanker

Aktivitas antioksidan yang kuat dan kandungan serat yang tinggi dalam okra dapat beperan dalam mencegah kanker.

Cara Mudah Mengolah Okra

Okra dapat dimasak seperti memasak sayuran lainnya, bisa ditumis, direbus dalam kari atau dibuat sup, atau ada juga yang mengolahnya menjadi keripik. Tekstur bagian luar okra renyah seperti oyong dan bagian dalamnya lembut seperti terung. Lendir yang keluar saat okra dipotong dan dimasak secara otomatis akan membuat masakan menjadi lebih kental.

Jika kurang suka dengan kekentalan tekstur masakan akibat lendir yang dikeluarkan okra saat dimasak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

- Hindari mencuci okra jika belum siap dimasak

Jika terkena air, lendir yang keluar jadi semakin banyak. Jadi, lakukan pencucian sesaat sebelum okra akan diolah.

- Potong okra dalam ukuran yang tidak terlalu kecil

Semakin banyak dipotong maka lendir yang keluar akan semakin banyak. Okra juga biasa dimasak tanpa dipotong, kok.

- Merendam dalam air cuka

Cara ini dapat mengurangi lendir yang keluar. Rendam dulu okra selama 30 menit dalam air cuka, kemudian cuci bersih, dan baru dipotong-potong lalu dimasak.

Selain untuk masakan, okra juga populer dijadikan infused water. Tetapi jangan terkejut jika infused water kamu jadi kental, ya, karena justru itulah khasiatnya yang tidak ditemukan dalam infused water lainnya. Cukup gunakan 2 buah okra untuk 500 ml air. Potong-potong okra, masukkan ke dalam botol berisi air, tambahkan irisan jeruk lemon. Selamat mencoba!