Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Fish and chips disajikan di atas piring

Yuk, Cobain 4 Resep Ikan Dori Lezat Berikut Ini!

Aneka Resep Ikan Dori Lezat

Kalau ada satu jenis ikan yang jadi sahabat kita semua di dapur jaman now ini, tiada lain itu adalah ikan dori. Jenis yang satu ini kini sudah mudah ditemukan di supermarket ataupun dijual daring. Harganya terjangkau dan sangat praktis untuk dimasak. Mengapa? Karena biasanya ikan dori dijual dalam bentuk filet.

Berbeda dengan beberapa jenis ikan lainnya, ikan dori mudah untuk diolah dalam berbagai masakan. Dari digoreng hingga dikukus, ikan yang satu ini punya tekstur yang cukup tebal namun lembut saat disantap. Selain itu, ikan ini juga cocok dipadankan dengan macam-macam bahan.

Kali ini ada empat resep yang akan Royco bagi untuk kamu semua. Yuk, simak apa saja kreasi ikan dori yang bisa kamu buat akhir pekan nanti!

1. Resep Popcorn Ikan Dori

1. Resep Popcorn Ikan Dori

Fish popcorn disajikan dengan herbs dan taburan cabai
Tak hanya digoreng seperti biasanya, ikan juga bisa dibentuk bulat seperti popcorn dan digoreng. (Foto: Shutterstock)

Kalau dulu kita mengenal jagung saja sebagai bahan utama untuk popcorn, namun sekarang sudah banyak lagi jenisnya. Tapi, jangan salah dulu, popcorn ikan dori yang satu ini beda jauh cara masaknya, namun seolah menyerupai bentuknya yang bulat-bulat. Intinya, penamaan popcorn adalah hanya sebuah istilah saja.

Untuk membuatnya, pertama lumuri dulu filet ikan dori yang telah dipotong dadu dengan air jeruk nipis dan Royco Kaldu Ayam. Siapkan bahan celupan berupa tepung terigu yang telah ditambahkan baking powder, lalu dicampurkan dengan air es. Lumuri filet ikan dengan bahan celupan lalu lanjutkan bahan pelapis berupa tepung. Setelah matang, sajikan selagi hangat.

2. Resep Ikan Dori Saus Telur Asin

2. Resep Ikan Dori Saus Telur Asin

Tidak hanya fish and chips, pasti kamu juga sempat seru-seruan ikutan tren serba telur asin, bukan? Kalau masih penasaran, berarti inilah waktunya untuk ikan dori saus telur asin. Selain ayam, ikan dori adalah protein lainnya yang cocok dipadukan dengan saus ini.

Untuk membuatnya, kukus dulu kuning telur asin hingga matang dan haluskan. Kemudian, tumis bawang putih dan cabai rawit dengan margarin. Tambahkan daun kari dan masukkan telur asin yang telah dihaluskan. Masak hingga berbuih dan tambahkan campuran susu evaporasi dengan tepung maizena agar mengental. Goreng ikan dori bersalut tepung dan saat masak, tuangkan saus telur asin. Sajikan untuk menu makan keluarga.

3. Resep Fish and Chips

3. Resep Fish and Chips

Ikan dori goreng dibelah dua dan disajikan dengan kentang goreng
Bagian dalam ikan haruslah lembut dan matang, sementara luarnya garing untuk resep fish and chips. (Foto: Shutterstock)

Yang satu ini pasti sering mendengarnya. Suka dengan cita rasanya kalau makan di restoran, tapi penasaran cara membuatnya. Nah, kali ini kita punya resepnya untuk dicoba di rumah!

Pertama, campur dulu tepung, baking powder, serta Royco Bumbu Nasi Goreng Cabe Hijau. Ya, betul, kali ini kita akan kreasikan resep fish and chips ini dengan kearifan lokal. Tambahkan juga telur dan susu, lalu aduk rata adonan. Masukkan potongan ikan dori ke dalam adonan dan goreng di atas api sedang. Tiriskan setelah matang dan keemasan, sajikan dengan kentang 

4. Resep Ikan Dori Goreng Saus Leci

4. Resep Ikan Dori Goreng Saus Leci

Kemudian ada juga resep ikan dori saus leci dengan rasa gurih manis menyegarkan yang satu ini. Alih-alih menggunakan ikan kakap, resep ini juga bisa menggunakan ikan dori. Marinasi terlebih dahulu ikan dengan air jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, garam, dan merica.

Lalu, lumuri ikan dori dengan menggunakan tepung maizena dan goreng hingga keemasan. Terakhir, tuangkan dengan saus leci. Untuk yang satu ini, sajikan dengan nasi hangat saja sudah lebih dari cukup!

Apakah kamu punya ide masak ikan dori seru lainnya? Yang pasti, ayo coba keempat resep ini terlebih dahulu! Jadikan sebagai menu istimewa untuk akhir pekan, ya!