Apa Yang Kamu Cari?

cara membuat kremes
Cara Membuat

Kremes Super Kriuk

Tekstur yang sering dicari dalam sajian, dan membuat sajian menjadi semakin, lezat adalah renyah. 

Sajian seperti ayam goreng atau nasi goreng semakin nikmat karena bahan tambahan seperti kremesan yang membuatnya semakin renyah. Kalau diolah dengan cara salah, kremes bisa jadi liat atau terlalu berminyak. 

Dengan cara membuat kremes yang benar berikut, kamu bisa mendapatkan kremesan yang renyah dan lezat. 

Tips dan Cara Membuat Kremes yang Benar

 

1. Gunakan minyak panas dalam jumlah banyak

Bila digoreng dalam minyak yang kurang panas, kremes akan menyerap terlalu banyak minyak. Kremes yang terasa berminyak tentu kurang sedap. Karena itu, pastikan minyak telah benar-benar panas sebelum adonan kremes dimasukkan ke dalam minyak. Kremes juga harus digoreng dalam minyak yang banyak agar matangnya merata.

2. Bumbui kremes

Kremes tentunya tak cuma harus renyah, tapi juga lezat. Agar kremes tidak terasa hambar, bumbui adonan dengan baik. Idealnya, bumbu yang digunakan untuk kremes sama dengan yang digunakan dalam sajian utamanya. Kalau menggunakan kremes untuk pendamping ayam goreng, bumbui dengan bumbu sama dengan bumbu ayam goreng.

3. Hindari menggunakan telur dalam adonan kremes 

Beberapa resep kremes memang menggunakan telur sebagai salah satu bahannya. Namun, kalau kremes yang renyah lebih lama, kamu tak perlu menggunakan telur. Selain itu, kremes yang dibuat menggunakan telur biasanya akan jadi menggumpal dan liat.

4. Buat adonan kremes yang tidak terlalu kental

Untuk mendapatkan kremes dengan tekstur yang renyah, sebaiknya adonan kremes agak cair.

5. Kremes tak perlu digoreng terlalu lama 

Kremes digoreng dengan minyak panas sehingga akan gosong bila dimasak terlalu lama. Waktu masak sekitar 3 menit saja cukup untuk membuat kremes yang renyah dan lezat.

Langkah-langkah di atas merupakan bagian penting dalam cara membuat kremes yang renyah. Tidak sulit, kan? Apalagi bahan-bahan untuk membuat kremes tidak sulit didapat.

Kamu hanya membutuhkan tepung (tepung terigu, tepung sagu, atau tepung kanji) yang dicampur dengan air dan bumbu seperti jahe, kunyit, kemiri, dan bawang putih. Bila mau, kamu juga bisa menambahkan santan dalam adonan kremes untuk rasa lebih gurih.

 

Kreasi dalam Membuat Kremes

Dengan bahan-bahan sederhana ini, kamu bisa berkreasi membuat kremes lezat menggunakan berbagai cara berikut.

1. Kremes tabur

Masukkan adonan kremes ke dalam minyak panas. Setelah itu, kecilkan api dan tunggu hingga buihnya menghilang. Setelah buih menghilang, satukan kremes. Kremes ini biasanya disajikan terpisah atau ditaburkan di atas ayam goreng atau sajian lainnya.

2. Sarang kremes

Untuk membuat sarang kremes, celupkan bahan utama (misalnya ayam goreng) ke dalam adonan kremes. Masukkan bahan tersebut dalam minyak panas. Setelah itu, tuang adonan kremes di sekitar bahan utama yang sedang digoreng. Dengan cara ini, kremes akan menempel pada bahan utama, menyerupai sarang.

Kalau sudah menguasai cara membuat kremes yang lezat, kamu bisa membuatnya dalam jumlah agak banyak. Kremes bisa disimpan dalam wadah kering yang tertutup rapat. Kremes renyah pun bisa menemani menu apa pun yang kamu sajikan. Selamat mencoba!