Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Inilah 4 Resep Tumis Ayam dengan Sayuran untuk Pendamping Nasi

4 Menu Makanan yang Mengandung Protein Tinggi Nabati untuk Menu Harian

Salah satu kebutuhan nutrisi harian yang tak kalah penting selain karbohidrat dan serat adalah protein. Banyak didapat dari lauk hewani dan nabati, makanan yang mengandung protein tinggi berfungsi untuk kesehatan metabolisme tubuh, membantu pembentukan otot, kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah, dan lain-lain.

Kali ini Royco ingin merekomendasikan pilihan makanan protein tinggi dari sumber nabati yang bisa Ibu jadikan untuk inspirasi menu sehari-hari. Agar keluarga tak bosan, tentu saja hidangan lauk yang akrab di kalangan vegetarian ini harus bervariasi. Dimulai dari cara memasaknya, bumbu yang digunakan, hingga variasi bahan-bahan tambahan dalam menu lauk utama atau lauk pendamping.

Buat Ibu yang mungkin sedang kehabisan ide mengolah sumber protein non hewani, Royco menghadirkan 4 hidangan contoh makanan protein tinggi yang bisa jadi belum pernah Ibu sajikan di rumah. Unik, lezat, bergizi, dan tentunya menyehatkan!

1. Resep Se’i Jamur Tempe

Satu piring berisikan se’i jamur dan tempe dengan sambal luat
Se’i jamur yang satu ini jangan sampai dilewatkan. (Foto: Royco)

Tak harus daging sapi, ternyata Ibu bisa mengakali makanan yang sedang viral ini dengan protein nabati. Ya, itulah resep se’i jamur tempe yang bisa Ibu padukan dengan sambal lu’at khas Nusa Tenggara Timur. Paduan jamur dan tempe merupakan sumber protein yang sangat kaya. Tempe tentu sudah dikenal baik manfaatnya, namun bagaimana dengan jamur? Ternyata bahan makanan rendah kalori ini juga kaya akan serat. Jadi, pastikan untuk mencoba makanan pedas dan lezat bergizi ini, ya!

2. Resep Quinoa dan Zucchini

Kalau Ibu sedang mencari resep untuk diet, maka wajib mencoba yang satu ini – olahan quinoa dan aneka bahan bernutrisi lainnya. Dalam resep ini setidaknya ada quinoa dan kacang arab adalah contoh makanan yang mengandung protein sangat tinggi. Belum lagi di sini Ibu bisa juga menambahkan couscous, jali (barley), wakame, dan juga zucchini. Ternyata semuanya bisa dipadukan menjadi makanan yang menggiurkan!

3. Resep Tumis Bayam Jamur Tiram

Sebagai salah satu resep andalan dari 50 Pangan Masa Depan, tumisan bayam dengan jamur tiram mudah untuk dimasak dan bakal tampil menggiurkan di atas meja makan. Bayam yang dikenal sejak dulu sebagai sayuran sehat, membantu meningkatkan kebugaran tubuh dan mencegah anemia. Sementara itu, jamur tiram kaya akan nutrisi dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta imunitas tubuh. Pastikan untuk tidak melewatkan resep yang satu ini, ya!

4. Resep Bubur Kacang Hijau dan Ubi Jalar

Satu mangkuk berisi bubur kacang hijau dengan potongan dadu ubi jalar
Camilan sederhana ini ternyata kaya akan gizi! (Foto: Royco)

Mungkin tidak banyak yang menyangka kalau bubur kacang hijau yang biasa dinikmati sebagai kudapan adalah makanan tinggi protein. Ditambah dengan ubi jalar merah, bubur kacang hijau semakin komplet nutrisi dan kelezatannya. Kacang hijau kaya akan vitamin, mineral, serat, dan juga karbohidrat. Jadi, jangan sampai ketinggalan menikmatinya kapan saja tersedia di rumah!

Ternyata makanan tinggi protein bisa dikreasikan dalam berbagai macam masakan! Dari bubur kacang hijau hingga masakan tumisan, Ibu bisa menyiapkan yang terbaik untuk keluarga tercinta di rumah.

Nah, buat Ibu yang sedang mencari inspirasi lain yang juga sehat dan beragam, Royco menghadirkan program Nutrimenu, yaitu inspirasi resep masakan lezat bergizi untuk seluruh anggota keluarga yang berasal dari 50 Bahan Pangan Masa Depan. Jadi, pastikan jangan sampai ketinggalan mencoba resep-resepnya, ya!

Kemudian, salah satu komitmen program Royco Nutrimenu adalah mengajak Ibu dan keluarga untuk selalu menjalankan prinsip Halalan Thayyiban, yaitu mengolah bahan pangan yang tidak hanya halal, namun juga thayyib atau baik dan bermanfaat untuk diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Menu tersebut disajikan dengan porsi dan gizi seimbang dari makanan pokok, sayuran, lauk, dan buah yang sesuai dengan panduan Isi Piringku. Yuk, kita mulai gaya hidup yang baik dan bermanfaat sejak hari ini!