Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Tempe katsu disajikan di atas sepiring nasi putih dan dibumbui sambal bawang

4 Inspirasi Resep Tempe Goreng Agar Hidangan di Rumah Semakin Bervariasi

4 Inspirasi Resep Tempe Goreng Inovatif dan Bergizi

Dari makan pagi, siang, dan malam, biasanya tersaji satu atau dua masakan yang digoreng di atas meja makan orang Indonesia. Dari telur hingga daging, makanan yang digoreng biasanya melalui proses yang relatif praktis dan punya cita rasa lezat yang familiar. Untuk inspirasi masak hari ini, Royco punya beberapa resep tempe goreng yang patut kamu coba.

Tempe yang punya kandungan nutrisi tinggi ini dikenal karena harganya yang terjangkau, mudah didapat, serta sangat fleksibel untuk diolah. Makanan sehat yang tengah naik daun popularitasnya di berbagai penjuru dunia ini sungguh layak dimasak menjadi masakan lezat. Tak harus digoreng seperti biasanya, bagaimana kalau kamu coba resep-resep inovatif tempe goreng berikut ini?

1. Tempe Fries

1. Tempe Fries

Dari namanya tentu kita semua langsung terpikirkan yang namanya French fries, alias kentang goreng. Ya, inspirasi tempe fries didapatkan dari menu klasik olahan kentang ini, namun prosesnya tak hanya sekadar digoreng begitu saja.

Pertama, papan tempe dipotong-potong berbentuk persegi panjang sehingga menyerupai bentuk kentang goreng. Siapkan beberapa mangkuk yang masing-masing berisikan tepung terigu, telur yang telah dikocok, serta tepung roti yang masing-masing telah dibumbui sedikit Royco Kaldu Ayam. Celupkan tempe satu per satu sesuai urutan tadi dan goreng dalam minyak panas. Selagi menanti hingga digoreng keemasan, kamu bisa menyiapkan aneka saus berupa mayones serta saus sambal. Setelah siap, sajikan dan santap selagi hangat!

2. Hotang Tempe

2. Hotang Tempe

Empat buah hotang tempe disajikan di atas piring putih
Hotang tempe ini begitu unik karena dilapisi tepung ubi ungu. (Foto: Royco)

Untuk penggemar camilan, nama hotang tentu sudah tidak asing lagi. Namun kali ini kita punya twist menarik, yaitu menggunakan tempe ketimbang kentang. Satu kejutan lainnya adalah kehadiran tepung ubi ungu sebagai bahan pelapisnya. Tampilan hotang tempe ini akan begitu menarik dan rasanya lebih lezat dari yang biasa kamu coba!

Pertama, siapkan dulu adonan pelapis berupa tepung ubi ungu, tepung terigu, Royco Kaldu Ayam, sebutir telur, dan aduk bersama air. Masukkan adonan tersebut ke dalam ke gelas silinder tinggi. Lanjutkan dengan membumbui tempe yang telah dipotong dadu dan kukus bersama bahan-bahan aromatik. Setelah matang, tusuk tempe menggunakan tusuk satai dan lapisi dengan keju mozzarella. Celupkan ke dalam adonan pelapis secara berhati-hati agar tetap rapi, kemudian gulingkan di atas potongan ubi Cilembu. Goreng hingga matang dan sajikan bersama saus tomat serta mayones. Seru!

3. Bola Tempe Mozzarella

3. Bola Tempe Mozzarella

Satu wadah berisi banyak bola-bola tempe goreng mozzarella
Bola-bola goreng isi tempe dan keju mozzarella cocok jadi camilan sore nanti. (Foto: Royco)

Camilan berbentuk bola-bola yang diliputi tepung roti dan digoreng biasanya selalu mengundang selera. Kita kadang dibuat bertanya-tanya mengenai isinya. Ada arancini yang berisikan nasi dari beras arborio, kroket berisikan kentang dan daging, ataupun yang satu ini – bola tempe mozzarella!

Cara membuatnya cukup mudah. Kukus dahulu tempe dan lumatkan. Dalam satu wadah, campur tempe dengan keju cheddar, bawang putih, daun bawang, Royco Kaldu Ayam, serta merica, lalu aduk rata. Setelah siap, bentuk bulat-bulat dan isikan dengan potongan keju mozzarella. Salut dengan tepung terigu, roti, dan tepung roti atau panko, kemudian dinginkan dalam kulkas terlebih dahulu selama 2 jam. Saat akan dimasak, diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruang selama beberapa waktu, kemudian goreng hingga keemasan. Jangan lupa siapkan saus cocolan, ya!

4. Tempe Katsu

4. Tempe Katsu

Selalu saja ada yang bisa diolah dengan menggunakan protein nabati yang satu ini, dan twist kali ini adalah resep tempe katsu! Biasanya masakan klasik Jepang ini menggunakan ayam, daging merah, ataupun ikan sebagai bahan utamanya. Dilapisi tepung panir dan digoreng hingga keemasan, isiannya yang matang dan masih lembap sungguh terasa nikmat saat dipadukan dengan saus kari ataupun mayo.

Untuk membuat tempe katsu, terlebih dahulu kita harus memadukan tempe, kacang hijau, telur, dan Royco Kaldu Ayam dalam food processor atau blender hingga lumat. Pipihkan adonan hingga berbentuk seperti chicken katsu dan lumuri dengan adonan pelapis. Lalu, goreng hingga matang dan berwarna keemasan. Sausnya kali ini merupakan sebuah racikan yang penuh akan kearifan lokal, yaitu sambal bawang. Sajikan bersama nasi dan lumuri potongan tempe katsu dengan sambal. Santap bersama keluarga selagi hangat, berjuta rasanya!

Empat resep tempe goreng inovatif tadi dijamin akan membuat suasana makan di rumah semakin meriah. Ternyata berkreasi dengan protein yang biasa kita jumpai sehari-hari ini bisa begitu menarik, bukan? Sekarang giliranmu untuk mencobanya di rumah. Selamat masak!