Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Tips sukes membuat kulit pangsit sendiri
Tips Sukses

Cara Membuat Kulit Pangsit Goreng dan Rebus Anti Gagal

Apakah kamu lebih suka pangsit kuah atau pangsit goreng? Keduanya cocok dinikmati di berbagai suasana. Cara membuat pangsit goreng dan rebus juga ternyata mudah untuk diikuti. Saat cuaca lagi dingin, pangsit lembut dengan kuah gurih hangat jadi hidangan sempurna.

Pangsit goreng bisa jadi sajian pendamping lezat atau camilan ringan yang nikmat. Apa pun sajian pangsit pilihan kamu, yuk pelajari saja cara membuat pangsit goreng dan rebus menggunakan kulit pangsit buatan sendiri. Kamu pun bisa menikmati sajian pangsit lezat setiap saat. 

Selain soal higienis, membuat kulit pangsit tentu memberi kepuasan tersendiri. Lalu, bagaimana cara membuat kulit pangsit yang benar?

Langkah-Langkah Membuat Kulit Pangsit Goreng dan Rebus

Pada dasarnya, resep untuk membuat kulit pangsit goreng ataupun rebus tidak jauh berbeda. Ikuti saja langkah-langkah berikut :

  • Tepung terigu, tepung sagu, garam, dan air dicampur dan diuleni hingga kalis, kenyal, dan lentur. Bila adonan sudah tidak lengket, berarti adonan sudah siap. Agar adonan pangsit renyah dan tidak mengkerut, jangan uleni adonan lagi bila adonan sudah kalis.
  • Istirahatkan adonan yang sudah diuleni selama sekitar 10-30 menit untuk memberi waktu bagi gluten dalam tepung jadi berkembang. Ini dapat membuat adonan menjadi lebih kenyal. Selama diistirahatkan, tutup adonan dengan plastik atau kain lembap agar tidak mengering.
  • Kalau kamu ingin membuat adonan untuk pangsit rebus, tambahkan sebutir telur dalam adonan agar lebih lembut dan kenyal. Sebaliknya, bila membuat adonan pangsit goreng, tidak perlu menambahkan telur. Ini karena telur dalam adonan pangsit goreng akan membuat kerenyahannya tidak bertahan lama.
  • Giling adonan dengan gilingan pasta atau mie. Pertama-tama, giling adonan dengan lubang paling besar selama beberapa kali. Setelah itu, giling adonan dengan lubang yang lebih kecil hingga adonan sudah cukup tipis. Kalau adonan terlalu tebal, kulit pangsit goreng tidak bisa menjadi renyah.
  • Kamu juga bisa menggunakan penggiling kayu. Ingat untuk menggiling adonan di atas selembar plastik yang telah ditaburi tepung sagu. Hal ini agar adonan tidak lengket.
  • Setelah adonan digiling, potong pangsit dengan ukuran 10 x 10 cm. Ini adalah ukuran standar kulit pangsit yang dijual di pasaran. Tentu saja, kamu bisa menyesuaikan ukuran sesuai isian pangsit.

Tips Membuat Kulit Pangsit yang Lentur dan Tipis

Cara membuat pangsit goreng atau rebus di atas akan menghasilkan kulit pangsit dengan kelezatan yang lebih maksimal bila kamu memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Gunakan tepung terigu protein tinggi untuk pangsit yang renyah.
  2. Saat mengisi kulit pangsit, jangan lupa rekatkan menggunakan air atau putih telur. Ini agar bentuk pangsit tetap terjaga saat digoreng atau direbus.
  3. Jangan memasak pangsit hingga terlalu matang. Pangsit rebus cukup direbus hingga mengapung dan kulitnya menjadi agak transparan agar tidak hancur. Pangsit goreng cukup digoreng hingga renyah dan berwarna kuning keemasan. 

Ternyata cara membuat pangsit goreng dan rebus dengan kulit pangsit buatan sendiri tidak sulit, ya! Kulit pangsit yang sudah kamu buat pun bisa disimpan selama beberapa hari dalam freezer. Agar kulit pangsit tidak saling menempel, taburi dengan tepung sebelum disimpan."

Cari lebih banyak