Apa Yang Kamu Cari?

Trik Mudah Membuat Saus Spaghetti Lezat
Trik Mudah Membuat

Saus Spaghetti Lezat

Pasta merupakan sajian internasional yang populer di Indonesia. Selain lezat, pasta juga relatif praktis disiapkan.

Salah satu pasta yang paling umum adalah spaghetti. Pasta disajikan dengan berbagai macam saus seperti carbonara atau pesto. Namun, saus bolognese paling sering disajikan dengan spaghetti. Cara membuat saus spaghetti bolognese tidak terlalu sulit. Daging cincang dipadukan dengan saus tomat, bawang bombay, serta berbagai bumbu dan rempah. 

Agar saus buatan foodies semakin mantap, perhatikan beberapa tips berikut:

1. Tumis bawang dan daging

Agar cita rasa saus semakin nikmat, cincang bawang bombay dan tumis bersama daging cincang terlebih dulu. Bumbui dengan sedikit gula dan garam saat penumisan agar daging dan bawang terkaramelisasi sempurna. Untuk menyeimbangkan rasa manis dari gula, bisa juga tambahkan sedikit perasan lemon.

2. Gunakan tomat segar

Bolognese adalah saus dengan bahan dasar tomat. Meski bisa menggunakan saus tomat botolan, sebaiknya tambahkan juga dengan tomat segar. Kupas tomat dan buang bijinya, lalu potong dadu. Hindari mengikutkan kulit dan biji tomat untuk mendapatkan hasil saus yang lembut.  Masukkan potongan tomat dalam tumisan daging dan bawang, masak hingga tomat hancur.

3. Masak saus dengan api kecil

Salah satu cara membuat saus spaghetti bolognese adalah merebusnya agak lama. Setelah semua bahan saus tercampur rata, biarkan saus mendidih di atas api kecil selama beberapa saat. Ingat untuk selalu mengaduk saus setiap beberapa menit agar tidak gosong. Konon, semakin lama saus dimasak, semakin lezat cita rasanya. Ini karena semua rasa dari bahan-bahan yang digunakan dalam saus akan semakin tercampur rata.

4. Tambahkan bumbu sesuai kebutuhan

Jangan lupa tambahkan berbagai bumbu dan rempah sesuai selera. Untuk mendapatkan cita rasa italia yang autentik, foodies bisa menambahkan bumbu kering seperti oregano, thyme, dan lada hitam. Meski tidak ada takaran pasti untuk bumbu kering ini, sebaiknya jangan membubuhkan terlalu banyak karena dapat memengaruhi rasa saus bolognese.


Saus spaghetti siap saji kini memang mudah didaparkan di supermarket. Namun, mengingat cara membuat saus spaghetti tidak terlalu rumit, tak ada salahnya membuat sendiri. Foodies juga bisa membuat saus spaghetti dalam jumlah agak banyak, lalu menyimpannya. Saus bolognese juga bisa digunakan untuk alternatif dalam  membuat Lasagna Kulit Pangsit , selain spaghetti, foodies juga bisa menggunakan jenis pasta lainnya. Hanya perlu merebus pasta kering, lalu tunis bersama saus spaghetti yang telah tersedia. Cepat, praktis, dan pastinya lezat!