Apa Yang Kamu Cari?

cara membedakan soun bihun misoa
Tips Membedakan

Soun, Bihun, dan Misoa

Salah satu bahan yang sering digunakan dalam berbagai resep makanan berkuah, misalnya dalam resep soto ayam , adalah bihun, soun, ataupun misoa. Kalau diperhatikan secara sekilas, 3 bahan ini memang tampak mirip. Apa sih perbedaan ketiga bahan yang serupa ini?

Soun

Soun alias glass noodles atau mung bean noodles biasanya terbuat dari pati kacang hijau. Tapi, sekarang Anda juga bisa menemukan soun yang terbuat dari kentang, ubi, ataupun singkong. Seperti bihun, soun terlihat transparan. Tapi, salah satu ciri soun yang membedakannya dengan bihun dan misoa adalah teksturnya yang licin setelah dimasak.

Untuk memasak soun, Anda tidak perlu merebusnya. Cukup rendam soun dalam air mendidih selama 5-15 menit sampai soun melunak .

Cukup rendam soun dalam air mendidih selama 5-15 menit sampai soun melunak . Kalau Anda akan menyajikannya dalam resep soto ayam atau sop, Anda tidak perlu memasaknya terlebih dulu.

Bihun

Walaupun sama-sama transparan, tapi bihun lebih tipis dibandingkan soun dan tekstur bihun setelah dimasak tidak selicin soun . Bahan makanan ini terbuat dari tepung beras, sehingga disebut juga rice vermicelli.

Kalau menghidangkan cumi dalam bentuk sup, seperti dalam resep Udang Cumi Kuah Asam Wangi , masaklah cumi secara terpisah dengan bahan lainnya sehingga cumi tidak menjadi alot.