Apa Yang Kamu Cari?

Aneka Resep Masakan Sayur Berkuah
Aneka

Resep Masakan Sayur Berkuah

Cuaca hujan dan udara dingin yang sering terjadi beberapa hari belakangan ini memang membuat tubuh menginginkan kehangatan dari sajian berkuah yang nikmat. 

Selain aneka  sayur berkuah, ada banyak resep masakan berkuah lainnya yang bisa kamu coba.

Selain hangat, sajian berkuah juga harus kaya nutrisi sehingga tubuh mendapatkan gizi yang dibutuhkan agar tetap sehat walau cuaca kurang bersahabat. Untuk itu, pastikan sajian berkuah yang disiapkan berisi bahan bergizi. 

Sajian berkuah apa saja yang bisa disiapkan untuk keluarga? Ada aneka sayur berkuah khas Indonesia atau ala Western. Simak tips dan resep masakan berkuah berikut:

Sajian Aneka Sayur Berkuah Ala Indonesia


1. Sayur Asam Pedas Ikan Peda

Sayur asam merupakan satu dari aneka sayur berkuah khas Indonesia yang sering jadi hidangan lezat andalan. Maklum, sajian ini bisa disiapkan dengan mudah dan cepat. Sayur asam juga mudah dikreasikan menjadi sajian istimewa yang tidak membosankan. Contohnya adalah kreasi Sayur Asam Pedas Ikan Peda.

Bahan-bahan sayur asam seperti labu siam, kacang merah, kacang panjang, dan jagung manis dipadukan dengan ikan gabus asin goreng. Kuahnya kaya rasa dengan perpaduan bumbu seperti lengkuas, gula merah, dan daun salam. Foodies juga bisa menambahkan Royco Bumbu Komplit Sayur Asam agar semakin lezat.

2. Sup Tahu Bakso Ikan

Agar sajian bakso ikan semakin bergizi, kamu bisa menambahkan oyong seperti dalam resep Sup Tahu Bakso Ikan ini. Kuah sajian ini juga akan terasa lebih nikmat dengan penambahan Royco Ayam. bila mau, bisa juga membuat bakso ikan sendiri dari campuran daging ikan tenggiri, putih telur, dan tepung tapioka. Daging jenis ikan lain seperti salmon atau tuna juga bisa dijadikan bakso. Bakso ikan bisa dibuat dalam jumlah agak banyak untuk menyimpan dalam freezer. Bakso ikan bisa diolah setiap saat dalam berbagai resep.

3. Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah alias Brenebon adalah salah satu hidangan khas Manado yang terinspirasi sup Belanda (bruine bonensoep). Kuah lezat berpadu dengan kacang merah dan wortel bergizi serta daging sapi gurih membuat hidangan ini jadi pilihan tepat yang pasti mengenyangkan.

Tantangan dalam membuat resep masakan berkuah ini adalah mengolah kacang merah hingga empuk. Triknya adalah merendam kacang merah semalaman atau sekitar 8 jam dalam air dingin. Untuk mempersingkat waktu rendam, bisa juga merebus kacang merah selama sekitar 2 menit, lalu matikan api dan tutup rapat panci. Biarkan kacang merah selama sekitar 1 jam dalam air panas. Cara ini memang lebih hemat waktu, tapi ada risiko beberapa butir kacang merah pecah dan rusak. Cara mana yang kamu pilih untuk merendam kacang merah?

4. Sup Sedap Malam

Bunga sedap malam bukan hanya bisa jadi hiasan karena aromanya harum. Sedap malam juga ternyata punya banyak khasiat untuk kesehatan. Karena itu, tak ada salahnya mencoba mengolah bunga ini ajdi sajian berkuah nikmat seperti resep Sup Sedap Malam ini. Sedap malam dipadukan dengan dada ayam empuk, serta wortel dan kacang kapri dalam sajian berkuah yang kaya nutrisi.

Aneka Sajian Berkuah Ala Barat

Empat resep masakan berkuah di atas merupakan resep khas Indonesia yang bisa kamu coba. Lalu bagaimana dengan resep masakan berkuah ala Barat? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. German Cream Soup

Cita rasa gurih German Cream Soup diperkuat dengan sumsum tulang sapi yang dihaluskan bersama berbagai sayuran. Pasti lezat, kan? Pilih saja tulang sumsum segar dari bagian kaki sapi. Tulang kaki sapi biasanya berbentuk besar, tebal, dan lurus sehingga sumsum lebih besar dan tebal dibandingkan bagian tulang lainnya. Sebelum direbus, sebaiknya tulang sumsum dipanggang dulu dalam oven selama 45-90 menit. Langkah ini akan membuat sumsum semakin lezat dan kaya rasa.

2. Minestrone Soup

Sajian sup khas Italia, Minestrone Soup memiliki kuah sedikit asam manis karena menggunakan pasta tomat. Sup ini berisi berbagai sayuran seperti wortel, daun kol, lobak, kentang, seledri, dan tomat. Minestrone juga dilengkapi pasta spaghetti atau makaroni sehingga sup ini dijamin mengenyangkan. Ingat untuk menjaga agar pasta tidak dimasak terlalu matang supaya tidak lembek dan hancur. Rebus pasta setengah matang secara terpisah sebelum menambahkannya dalam sup beberapa saat sebelum matang dan disajikan.

3. Mushroom Soup

Di Indonesia, jamur biasanya ditambahkan ke dalam berbagai sajian berkuah. Salah satu yang populer adalah penambahan jamur kuping ke dalam Sup Kimlo. Namun, dalam berbagai sajian Indonesia, jamur biasanya tampil dalam bentuk utuh atau dipotong kecil. Dalam sajian Barat, jamur juga bisa dihaluskan bersama bahan lain untuk membuat Mushroom Soup lezat. Tumis jamur kancing yang telah dicuci bersih dan diiris tipis bersama bawang bombay, bawang putih, thyme, garam, dan merica. Setelah itu, tambahkan air dan masak hingga matang. Jamur kemudian dihaluskan dengan blender. Mushroom Soup pun siap disajikan.

4. Sup Krim Ayam Brokoli

Manfaat kesehatan dari nutrisi yang terkandung dalam brokoli tak bisa disangkal. Yuk, coba buat Sup Krim Ayam Brokoli lezat ini. Brokoli yang sudah dicuci dan dipotong, direbus atau dikukus. Sambil menunggu brokoli matang, buat sup krim lezat dengan Royco Sup Krim Ayam. Setelah sup krim matang, masukkan brokoli ke dalam sup. Sajian hangat bernutrisi pun siap disajikan dengan cepat!

Kelebihan lain dari sajian berkuah adalah bisa disimpan dalam kulkas dan mudah dipanaskan. Jadi, kamu bisa memasak saat malam hari dan menyimpannya dalam kulkas. Keesokan harinya, masakan tinggal dipanaskan sebelum disajikan untuk sarapan atau makan siang.