Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Makanan Puasa
6 Tips

Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan, kamu perlu memperhatikan tips sehat agar tubuh tetap bugar dan fit. Meski waktu makan tidak sebebas hari-hari biasa, bukan berarti kebutuhan gizi jadi tak tercukupi, kan? Simak 6 tips sehat berikut ini agar puasa kamu lancar.


1. Air putih harus tercukupi

Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa. Dehidrasi tidak boleh disepelekan karena kondisi ini berbahaya bagi tubuh. Air sangat penting untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun, serta sebagai mediatransportasi nutrisi ke sel-sel tubuh. Pastikan untuk minum yang cukup di saat sahur dan berpuka puasa, ya!

2. Kurangi kegiatan yang menguras energi

Selama berpuasa, simpan energi kamu! Sebaiknya hindari melakukan kegiatan yang menghabiskan tenaga. Olah raga ringan tetap bisa dilakukan sambil ngabuburit untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit.

3. Berbukalah dengan yang manis

tips sehat berpuasa di bulan ramadan

Ini bukan sekedar slogan atau iklan. Pada prinsipnya, saat berbuka puasa tubuh kita memang memerlukan asupan gula secara cepat untuk mengembalikan stamina tubuh. Inilah alasan mengapa menyantap kurma sangat dianjurkan saat berbuka. Tetapi tentu saja porsi makanan manis alias takjil tidak boleh terlalu banyak karena malah akan membuat kamu jadi mengantuk. Selain itu, kamu juga perlu asupan nutrisi lain agar tubuh tetap sehat dan fit.

4. Berbukalah dengan perlahan

Meski perut terasa lapar dan semua takjil yang terhidang terlihat begitu menggiurkan, jangan langsung menyantap semuanya dengan terburu-buru. Lakukan secara bertahap. Dimulai dari kurma atau takjil manis lainnya dalam porsi yang tidak terlalu besar, kemudian air, barulah makanan yang lebih berat. Bahkan lebih baik lagi, selipkan konsumsi buahsebelum makan berat. Agar tidak kelewat kenyang, makan berat bisa juga dilakukan setelah menjalankan shalat Tarawih.

5. Jangan asal enak dan kenyang

Selama bulan puasa, kamu sebaiknya lebih cermat memillih asupan makanan yang dikonsumsi. Sebab, kamu hanya punya kesempatan untuk makan sebanyak 2 kali dalam sehari (sahur dan buka puasa). Berbeda dengan saat tak berpuasa yang lebih bebas untuk makan kapan saja. Oleh karena itu, makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah yang bergizi baik, bukan sekedar enak atau mengenyangkan. Bergizi baik artinya makanan sehat yang memenuhi semua kebutuhan nutrisi harian, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Saat sahur, pilihlah menu yang tinggi protein dan serat.

6. Jangan tidur kelewat malam

Jika tidak terpaksa – karena ada keperluan atau pekerjaan mendesak – sebaiknya tidak usah begadang selama bulan puasa. Tanpa begadang pun waktu tidur sudah berkurang karena harus bangun di sepertiga malam untuk menyantap sahur. Saat weekend, manfaatkan waktu untuk tidur siang karena di hari kerja kamu tak akan bisa melakukannya, kan? Kurang tidur akan membuat kamu lemas dan tidak bersemangat untuk bekerja dan melakukan aktivitas lain.

Dengan demikian, kesehatan badanmu diharapkan akan lebih terjaga dan konsisten dalam melakukan berbagai kegiatan serta ibadah di bulan Ramadan. Tentunya semakin tidak ada alasan untuk tidak produktif, bukan? Yuk, kita praktekkan tips sehat di atas mulai Ramadan tahun ini!