Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Ngabuburit Seru
8 Tips

Ngabuburit Seru dari Dapur Sendiri

Selama bulan Ramadan, ada beberapa aktivitas khusus yang hanya muncul di bulan suci ini. Salah satunya adalah ngabuburit, yang dalam KBBI artinya adalah menunggu adzan Maghrib menjelang buka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Umumnya kegiatan yang dilakukan selama ngabuburit adalah jalan-jalan sore bareng keluarga atau teman, sambil membeli aneka pilihan takjil yang dijual di ‘pasar-pasar kaget’ sepanjang jalan. Ya, deretan penjual makanan buka puasa yang tersebar di berbagai tempat - tak hanya di pasar - juga menjadi salah satu keunikan bulan Ramadan.

Jika sedang malas keluar rumah, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati momen ngabuburit yang seru, kok. Ciptakan kegiatan menyenangkan bersama anggota keluarga. Dan, dapur tentu saja bisa menjadi playground untuk berkreasi dan melakukan hal-hal lain yang seru dan bermanfaat. Simak beberapa inspirasinya berikut ini:


1. Cari dan kumpulkan resep-resep menu sahur lezat

Keluarkan koleksi buku resep-resep yang sudah tersimpan lama di lemari dapur. Supaya lebih bergairah menyantap sahur, kamu perlu menyiasati paduan menu yang dihidangkan. Pilih menu-menu yang praktis atau bisa disiapkan di malam hari sebelum tidur sehingga saat sahur tinggal melakukan final touch. Ajak semua anggota keluarga untuk berpartisipasi memilih sajian favoritnya.

2. Menjajal resep buka puasa baru

Coba bereksperimen membuat sendiri menu buka puasa sedang hits. Dapatkan inspirasinya di internet atau acara masak televisi. Bisa menyajikan takjil yang istimewa tentu memberi kepuasan tersendiri, kan? Apalagi jika takjil itu adalah jajanan favorit keluarga yang biasa dibeli di luar.

3. Ngabuburit dengan menyicil bikin kue lebaran

Ngabuburit Seru

 

Ini bisa jadi agenda kamu saat puasa sudah berjalan selama 1-2 minggu. Selain kue kering andalan seperi nastar, kaastengel, dan putri salju, kamu bisa mencoba-coba kue lain. Cari inspirasinya di bakery-bakery terkenal, kemudian googling resepnya di internet. Mungkin belum bisa langsung berhasil dalam satu kali coba, tetapi jangan cepat menyerah, ya. Demi meminimalkan kegagalan, kamu harus pandai memilih referensi dari sumber yang dapat dipercaya. Ingat, tidak semua informasi yang ada di dunia maya itu benar adanya. Resep pun demikian.

4. Siapkan yang segar untuk berbuka puasa

Di sela-sela kepulan masakan di dapur dan hiruk pikuk kegiatannya, bisa jadi ada satu sisi yang tidak terpakai. Manfaatkanlah ruang ini dengan menyiapkan yang segar-segar untuk berbuka puasa. Dari mulai meracik es kelapa, es buah, hingga berbagai minuman segar lainnya.

5. Membereskan dapur dan reinventarisasi bahan-bahan yang ada

Karena kesibukan, mungkin kamu kurang memperhatikan isi lemari dapur. Kali ini, yuk, rapikan alat-alat dapur yang ada. Mungkin kamu akan menemukan sebuah alat yang masih bersegel, belum dibuka apalagi dipakai, tergeletak di pojokan lemari. Kamu bahkan lupa kapan dan di mana membelinya. Bereskan juga lemari bahan. Cek expired date dari tiap bahan. Pasti akan ditemukan bahan yang tak layak pakai karena sudah kedaluwarsa.

6. Bikin stok kaldu atau frozen food

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan membuat stok kaldu yang akan disimpan dalam freezer. Kaldu pasti jadi bahan yang diperlukan untuk aneka masakan. Untuk menyimpannya, masukkan kaldu dalam kantung plastik dan simpan dalam freezer. Saat diperlukan, kamu tinggal mengambil salah satu kantung. Selain stok kaldu, kamu juga bisa membuat frozen food, seperti nugget ayam, nugget udang atau bakso, sebagai stok lauk praktis untuk sahur.

7. Berbagi dengan tetangga

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk berbagi dan kamu bisa memulainya dari tetangga terdekat. Tidak ada salahnya sesekali untuk memasak lebih banyak dari biasanya. Beberapa waktu menjelang berbuka, sempatkan untuk berkunjung ke rumah tetangga untuk berbagi kebahagiaan ini. Tidak harus untuk masakan saja, kamu juga bisa berbagi takjil manis berupa minuman segar ataupun es buah dan kolak.

8. Ajak si kecil di dapur

Walau akan membuat dapur berantakan, mengajak si kecil ke dapur merupakan aktivitas yang bermanfaat. Ajak anak untuk ikut menyiapkan takjil atau membuat kue kering. Mencetak aneka bentuk kue kering, menaburi dengan sprinkle, keju, atau kacang, hingga mengoles permukaan kue kering dengan telur, pasti seru.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan seru di atas, waktu menunggu adzan Maghrib pasti akan terasa lebih cepat. Anak-anak juga jadi tak bolak-balik melirik jam. Yuk, kita mulai coba lakukan berbagai kegiatan seru ini saat akhir pekan nanti!