Apa Yang Kamu Cari?

6 Tips Sukses Membuat Croissant Sendiri di Rumah
6 Tips Sukses

Membuat Croissant Sendiri di Rumah

Croissant dibilang sebagai salah satu pastry paling populer di dunia.

Saat memasuki toko kue dan pastry, bisa dijamin foodies akan menemukan setidaknya satu jenis croissant. Mungkin kamu juga pernah mencoba membuat croissant sendiri di rumah. 

Bila croissant buatan sendiri belum sempurna seperti buatan toko langganan, mungkin beberapa hal berikut ini lalai jadi perhatian kamu dalam cara membuat croissant.

1. Diamkan adonan

Satu hal yang membuat adonan croissant mengembang adalah penggunaan yeast dalam resepnya. Karena itu, setelah adonan kalis dan halus, diamkan adonan selama sekitar 90 menit dalam suhu ruangan (sekitar 30 derajat Celcius). Jangan lupa tutup wadah adonan dengan plastik.

2. Gunakan mentega berkualitas

Idealnya, resep croissant menggunakan mentega (butter), bukan bahan pengganti seperti margarin. Inti pembuatan croissant adalah berulang kali melipat mentega dalam adonan dan memipihkannya. Mentega di antara lipatan adonan akan menciptakan tekstur croissant yang berlapis-lapis setelah dipanggang. Penggunaan mentega berkualitas tentu akan membantu croissant mengembang lebih baik dan memberikan cita rasa lebih mantap.

3. Buat croissant di ruangan yang dingin

Tips cara membuat croissant yang baik adalah dalam ruangan sejuk atau dingin. Ruangan yang panas akan membuat mentega meleleh dan terserap terlalu cepat dalam adonan croissant. Lapisan-lapisan dalam adonan croissant tidak dapat terbentuk sempurna jika mentega lumer. Karena itu, saat melipat mentega dan adonan, lakukan dalam suhu ruangan setidaknya sekitar 21 derajat C atau lebih rendah lagi. Bekukan adonan croissant dalam freezer selama beberapa saat setiap kali lipatan untuk menjaga mentega tetap beku sebelum melakukan lipatan berikutnya.

4. Letakkan croissant dengan benar saat dipanggang

Saat meletakkan croissant di atas loyang, pastikan bagian ujung lipatan berada di bagian bawah. Ini agar ujungnya tidak akan mengembang dan terbuka saat croissant dipanggang dalam oven.

5. Beri jarak antara croissant

Di atas loyang pemanggang, beri jarak sekitar 7-8 cm antara tiap croissant agar dapat mengembang dengan baik. Kalau diletakkan terlalu dekat, croissant tidak akan mendapatkan panas merata yang cukup.

6. Olesi permukaan croissant dengan telur

Sebelum dipanggang, olesi permukaan croissant dengan sedikit telur kocok. Hal ini akan memberikan warna keemasan mengkilap pada permukaan croissant.

 

Sudah menguasai cara membuat croissant yang benar? Sekarang foodies bisa berkreasi dengan membuat pan au chocolate, atau croissant berisi cokelat. Cukup letakkan satu cokelat butir di atas lembaran adonan croissant sebelum digulung. Mungkin foodies ingin mencoba kreasi puff pastry atau croissant lainnya